KARAKTERISTIK BAHAN HASIL SAMPING PERIKANAN DAN RUMPUT LAUT

Perikanaku ID - Hallo sobat perikanan Indonesia, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Karakteristik Bahan Hasil Samping Perikanan Dan Rumput Laut. Apa sih yang dimaksud dengan bahan hasil samping perikanan dan rumput laut itu?, yuk disimak ajah ya sob.

Hasil samping perikanan merupakan bahan sisa perlakuan dan pengolahan hasil perikanan yang pada dasarnya masih dapat dimanfaatkan kembali menjadi produk olahan yang memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi apabila dilakukan secara optimal dan profesional.
Hasil Samping Produk Perikanan dan Rumput laut
Selain itu pemanfaatan limbah perikanan tersebut juga bertujuan untuk meminimalisir tingkat pencemaran terhadap lingkungan sekitarnya akibat limbah hasil perikanan yang dibuang sembarangan dan minim pemanfaatan.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan oleh produsen, industri ataupun pelaku usaha dalam mengolah bahan hasil samping antara lain adalah penyamakan kulit ikan, pengolahan tepung ikan, khitosan, minyak ikan, kecap, krupuk kulit ikan/rambak, selase, gelatin, pearl essence (campuran mutiara), pakan ikan/ ternak dan masih banyak lagi. 

Salah satu pengolahan limbah padat hasil perikanan yaitu khitin dan khitosan. Khitin dan khitosan merupakan senyawa golongan karbohidrat yang dapat dihasilkan dari kulit udang, kepiting, ketam, dan kerang. Khitin diperoleh melalui proses deproteinasi dan demineralisasi.

Jadi sisa hasil produksi perikanan itu tidak melulu jadi limbah ya sob, masih banyak loh yang masih bisa dimanfaatkan dan digunakan sebagai bahan baku produk yang memiliki nilai ekonomis juga.

0 Response to "KARAKTERISTIK BAHAN HASIL SAMPING PERIKANAN DAN RUMPUT LAUT "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel