Alasan Kenapa Ikan Bau Amis

Perikanku Id - Hi sobat perikanan Indonesia, pernah ada nggak sih terlintas di pikiran kalian kenapa ikan bau amis?. Nah kali ini kita akan membahas tentang alasan kenapa ikan baunya amis sob, yuks disimak yah.

Penyebab ikan bau amis yang pertama adalah: bau amis pada ikan disebabkan oleh proses dekomposisi dari kandungan amonia pada tubuh ikan sob (senyawa belerang dan bahan kimia hasil penguraian asam amino). Bagian otot ikan mengandung zat trimetillamin oksida atau TMAO yang ketika terurai akan menjadi trimetilamina dan dimetilamina. Nah, kedua campuran senyawa inilah yang menjadi penyebab timbulnya bau amis pada ikan. 

Peyebab ikan bau amis yang kedua adalah: Hidung manusia dirancang peka terhadap bau kimia dan senyawa tersebut sudah mulai mengurai sejak ikan mati walaupun kondisi ikan masih segar, jadi jika hal ini dibiarkan semakin lama maka akan semakin menyengat. 

Disarankan untuk merendam ikan dengan air jeruk atau cuka yang memiliki sifat asam untuk menetralkan kandungan amonia yang bersifat basa agar bau amis ikan tidak muncul.
Alasan Kenapa Ikan Bau Amis
Alasan Kenapa Ikan Bau Amis
Jadi sudah tau kan alasan kenapa ikan bau amis?, jangan lupa untuk share artikel perikanan ini dan baca artikel yang lainnya ya sob.

0 Response to "Alasan Kenapa Ikan Bau Amis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel