Klasifikasi dan Morfolofi Ikan Layur

Perikananku Id - Hi sobat perikanan Indonesia, pada kesempatan kali ini mimin mau ngbahas tentang Klasifikasi dan Morfologi ikan Layur sob. Yuk disimak ajah yah.

Kasifikasi Ikan Layur

Nama latin Ikan layur adalah Trichiurus sp), berdasarkan taksonominya ikan Layur diklasifikasikan sebagai berikut ini (sumber: Saanin, 1984)


Phyllum                  : Chordata
Sub Phylum           : Vertebrata
Class                      : Pisces
Sub Class               : Teleostei
Ordo                        : Percomorphi
Sub Ordo                 : Scrombroidea
Famili                      : Trichiuridae
Genus                      : Trichiurus
Spesies                    : Trichiurus sp
Nama Indonesia     : layur


Morfologi Ikan Layur
Klasifikasi dan Morfolofi Ikan Layur
Klasifikasi dan Morfolofi Ikan Layur
Ikan layur atau Trichiurus sp memiliki ciri - ciri morfologis seperti berikut ini: 

Bentuk badan sangat panjang dan pipih layaknya pita terutama pada bagian ujung belakang ekor - nya yang dalam bahasa inggris biasa disebut sebagai hairtail.


Mulut ikan Layur lebar serta dilengkapi dengan gigi tangkap kuat dan tajam. Rahang bawah Layur lebih besar daripada rahang atasnya. Sirip punggung ikan layur juga sangat panjang mulai dari atas kepala hingga akhir badan dan berjari - jari lemah 105 -134. Sirip dubur tumbuh dengan kurang sempurna dan memiliki jari - jari lemah berjumlah 72-80.

Jari - jari lemah tersebut berupa deretan-deretan duri kecil dan tidak terdapat sirip perut serta garis rusuknya terlihat jauh dibagian bawah dari badan Layur. Ikan layur saat dalam keadaan hidup berwarna biru maya gelap, sedangkan saat dalam keadaan mati ikan ini akan berwarna perak keabuan atau sedikit keunguan. Pada bagian atas kepala Layur berwarna ungu agak gelap. Sirip - siripnya sedikit kekuningan ataupun kuning dengan pinggiran gelap (sumber: Direktorat Jendral Perikanan, 1998).

0 Response to "Klasifikasi dan Morfolofi Ikan Layur"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel