Fishing ground ikan layur

Perikananku Id - Hi sobat perikanan Indonesia, pada kesempatan kali ini mimin mau bahas tentang Fishing ground ikan layur. Perlu kita ketahui terlbeih dahulu bahwa Ikan layur adalah jenis ikan demersal yang artinya ikan ini hidup pada dasar atau berada dekat dasar perairan.
Fishing ground ikan layur
Fishing ground ikan layur
Ciri - ciri ikan demersal pada umumnya memiliki tingkat aktivitas yang relatif rendah, gerak ruayanya tidak terlalu jauh dan biasanya walau membentuk gerombolan pun jumlahnya tidak terlalu besar sehingga persebarannya relatif lebih merata bila dibandingkan dengan jenis ikan-ikan pelagis seperti ikan Tongkol, Cakalang maupun Tuna.

Kondisi ini membuat daya tahan ikan demersal terhadap tekanan akibat penangkapan relatif rendah serta tingkat mortalitas ikan demersal juga cenderung sejalan dengan upaya penangkapan yang dilakukan (Aoyama, 1972 diacu dalam Widiyanto, 2008). 

Ikan layur pada umumnya hidup di perairan dalam yang memiliki dasar berlumpur. Meskipun begitu, ikan layur biasanya akan muncul kepermukaan saat menjelang senja untuk mencari makan. Ikan layur merupakan spesies dari famili Gempylidae, dimana famili ini biasanya ditemukan pada kedalaman perairan lebih dari 150 m. Sedangkan pada jenis ikan layur dari family Trichiuridae dapat ditemukan hingga kedalaman perairan mencapai 2000 m (Nakamura dan Parin, 1993). 

Persebaran Ikan layur terbilang luas, hampir di semua perairan tropis dan subtropis kita bisa menemukan jenis ikan yang satu ini. Di Indonesia, daerah persebaran ikan layur hampir ada di seluruh perairan pantai Indonesia seperti Lawang, Tuban, Jampang, Palabuhan Ratu, Ujung genteng, Cibanteng, Sukawayana dan daerah - daerah lainnya.

Selain di perairan Indonesia, persebaran ikan layur sampai di perairan Jepang, Teluk Siam,  Philipina, Teluk Benggala, dan sepanjang Laut Cina Selatan hingga pantai utara Australia. Selain itu ikan layur juga tersebar luas di perairan dangkal Afrika Selatan (Widiyanto, 2008).

0 Response to "Fishing ground ikan layur"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel