Selayang Pandang Tentang Kepulauan Anambas

Perikananku Id - Inilah Anambas, berdiri anggun di perlintasan dagang antar negara di kawasan Asia dan Eropa. Terbangun dari tidur panjang, Anambas bangkit dengan kesadaran penuh untuk mempertahankan kecantikan alami yang menyebar di sepanjang garis pantai kepulauan. Menawarkan pesona wisata bahari tanpa batas.

Kepulauan Anambas memiliki ekosistem lengkap dan sumberdaya hayati laut tinggi yang sangat dilindungi. Sedikitnya terdapat 238 pulau-pulau kecil dan hampir seluruhnya masih menyimpan ekosistem terumbu karang dengan kondisi umum masih baik. Di beberapa pulau seperti Jemaja, Matak dan pulau Siantan dapat ditemukan ekosistem mangrove yang luas. Padang lamun juga ditemukan di sejumlah pulau terutama Jemaja dan Matak.

Sejumlah biota dilindungi hidup di Kepulauan Anambas. Penyu hijau (Chelonia midas) dan penyu sisik (Eretmochelys imbricata) ditemukan bertelur di pantai Pulau Durai dan Pulau Pahat. Diduga kawasan ini menjadi habitat penyu sisik yang sangat penting di Indonesia bagian barat. Lumba - lumba, hiu, pari manta dan kima masih cukup mudah dijumpai.

Berbekal potensi perikanan yang cukup tinggi terutama ikan-ikan karang dan pelagis, sektor perikanan menjadi mata pencaharian utama menunjang perekonomian masyarakat di Kepulauan Anambas dan sekitarnya. Umumnya nelayan Anambas masih menggunakan teknologi penangkapan tradisional yaitu pancing. Selain itu, budidaya ikan napoleon dan kerapu di sejumlah kampung menjadi salah satu sumber penghasilan. ini diharapkan dapat
melindungi dan melestarikan sektor perikanan ini dalam jangka panjang.

Kepulauan Anambas terdiri dari gugusan pulau-pulau kecil berbatuan yang indah dengan pantai putih bersih alami. Kombinasi keindahan bentang alam dengan kondisi terumbu karang yang masih baik dan jumlah jenis ikan yang tinggi menjadi potensi tujuan wisata bahari skala internasional.

Kabupaten Bnambas memiliki lima pulau terluar yaitu pulau Tokong berlayar, Tokong Nenas, Mangkai, Damar, dan Pulau Tonkong Malang biru. Pulau - pulau ini berbatasan langsung dengan negara - negara Laut Cina Selatan seperti Malaysia dan Singapura di barat serta Vietnam dan Thailand di Utara.

Dari sisi kedaulatan negara, keberadaan pulau - pulau terluar ini perlu di tangani. Salah satu bentuknya adalah dengan penetapan dan pengelolaannya sebagai kawasan konservasi

Posisi TWP kepulauan Anambas tersebut mendekatkan Indonesia dengan negara-negara tujuan wisata seperti Singapura, Malaysia, Thailand dan Hongkong. Dalam hal ini, posisi batam di provinsi Kepulauan Riau juga menjadi strategis karena menjadi pintu gerbang masuknya wisatawan ke tanah air.

0 Response to "Selayang Pandang Tentang Kepulauan Anambas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel