Kunjungi SUPM Negeri Waiheru Ambon, Presiden Janji Kirim Anak Nelayan Belajar Ke Jepang

Perikanan Indonesia - Berita perikanan. Presiden Joko Widodo dalam kunjungannya ke salah satu sekolah kedinasan dibawah kementerian kelautan dan perikanan (KKP) setingkat SMA Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Negeri Waiheru, Ambon - Maluku, dengan didampingi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Dalam kunjungannya tersebut Presiden Jokowi mengatakan akan mengirimkan anak-anak nelayan untuk sekolah ke Jepang dalam rangka belajar mengenai mutiara.

Kunjungi SUPM Negeri Waiheru Ambon, Presiden Janji Kirim Anak Nelayan Belajar Ke Jepang
source: KKP News
Hal tersebut disampaikan langsung oleh presiden Jokowi mengingat pembudidayaan mutiara adalah salah satu sub yang menjadi pelajaran utama di SUPM Seluruh Indonesia, disamping pelajaran tentang pembudidayaan ikan. Di Wilayah Maluku terutama di wilayah Dobo, khususnya Kepulauan Aru yang memiliki sumber daya kerang mutiara yang begitu potensial.

Sementara itu pihak SUPM Waiheru mengatakan jika saat ini ahli dibidang operasi atau penanaman nukleus ke kerang mutiara berasal dari Negara Jepang. Nukleus untuk kerang mutiara tersebut juga masih harus didatangkan langsung dari Jepang. Sehingga, seagai pembelajaran, SUPM masih meminta bantuan langsung Jepang terkait pengadaan nukleus sekaligus pendatangan tenaga ahlinya.

Menanggapi hal ini, Presiden Jokowi meminta agar SUPM melakukan sebuah seleksi terhadap siswa-siswanya untuk diberikan bantuan semacam beasiswa belajar ke Jepang. “Nanti agar diseleksi bisa lima sampai enam siswa setelahnya lulus, terutama diutamakan anak-anak nelayan, untuk langsung disekolahkan ke Jepang dalam rangka mempelajari kerang mutiara,” ucap Presiden Jokowi. Presiden juga memberi pesan kepada siswa agar belajar dengan sebaik-baiknya supaya bisa memanfaatkan potensi laut Indonesia yang begitu besar. Presiden Jokowi juga berjanji akan membantu khususnya anak nelayan yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata untuk dapat melanjutkan sekolah ke Jepang baik itu untuk jurusan budidaya, penangkapan ikan, pengolahan hasil perikana, maupun mesin perikanan.

Siswa SUPM Waiheru begitu antusias dengan adanya kunjungan dari Presiden, para siswa memanfaatkan momen ini dengan baik untuk dapat berdialog langsung dengan Presiden. Bgitupula sebaliknya, Presiden memberikan beberapa pertanyaan terkait kelautan dan perikanan, dan para siswa pun berebutan untuk menjawab pertanyaan yang diberikan. Acara kunjungan Presiden ke SUPM Negeri Waiheru, Ambon pun ditutup dengan sesi foto bersama siswa SUPM dengan Pak Presiden.

0 Response to "Kunjungi SUPM Negeri Waiheru Ambon, Presiden Janji Kirim Anak Nelayan Belajar Ke Jepang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel