Mengenal Kelompok Ikan Ordo Clupeiformes

Perikananku ID - Mengenal Kelompok Ikan Ordo Clupeiformes. Pengelompokan ikan didasarkan pada ciri umum yang menonjol pada setiap jenis ikan yang masuk dalam anggotanya. Pengenalan kelompok ini penting, terutama untuk ikan-ikan ekonomis penting. Beberapa kelompok ikan tidak dimasukkan ke dalam ordo yang sebenarnya, akan tetapi dikelompokkan pada bentuk yang hampir sama.
sumber: wikipedia

Ordo Clupeiformes
Ordo Clupeiformes ini memiliki 8 anggota famili yaitu terdiri dari : Clupcidae, Chirocentridae, Chanidac, Engraulidae, Albulidae, Megalopdae dan Elopidae.

Ordo ini adalah kelompok ikan yang memiliki jari-jari sirip lemah atau tanpa jari-jari sirip keras serta sirip punggung (Dorsal) tunggal atau hanya satu dan pendek. Ordo ini juga mempunya sirip perut (Ventral) jugular atau berada dibelakang sirip dada dan pada umumnya memiliki warna sisik mengkilat keperakan. Ciri-ciri secara spesifik dari famili-famili yang termasuk dalam ordo Clupeiformes, yaitu sebagai berikut :
a. Clupcidae ciri-cirinya adalah mempunyai sisik berduri (sisik yang melipat) di bagian ventral, bentuk mulut superior, tubuh relatif kecil panjang total lebih kurang 10- 20 cm.
b. Chirocentridae ciri-cirinya adalah pada sisi ventral tanpa sisik berduri.
c. Engraulidae ciri-cirinya adalah ikan dalam kelompok ini mempunyai bentuk mulut sub terminal inferior dengan sisip pektoral yang besar dan panjang dengan bentuk ekor protocercal.
d. Chanidae ciri-cirinya adalah ditandai dengan mulut yang kecil dengan bentuk linea lateralis yang lurus.
e. Albulidae ciri-cirinya adalah Mulut sub terminal kepala agak lonjong dengan linea lateralis yang agak lurus.
f. Megalopdac ciri-cirinya adalah Sisik linea lateralis besar dengan bentuk sirip dorsal bagian belakang mempunyai jari-jari yang memanjang, dengan bentuk linea lateralis yang lurus.
g. Elopidae ciri-cirinya adalah Mulut besar, bentuk sisik linea lateralis yang kecil dan berbentuk lurus.

1 Response to "Mengenal Kelompok Ikan Ordo Clupeiformes"

  1. As claimed by Stanford Medical, It's in fact the one and ONLY reason women in this country get to live 10 years more and weigh on average 19 kilos lighter than us.

    (And realistically, it has NOTHING to do with genetics or some secret diet and really, EVERYTHING to do with "how" they are eating.)

    P.S, What I said is "HOW", not "what"...

    Click on this link to see if this easy test can help you unlock your real weight loss potential

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel