Bahan Alat Tangkap Set Net dan Hasil Tangkapannya

Perikananku Id - Alat Penangkapan Ikan. Halo sobat perikanan Indonesia, kali ini mimin akan membahas tentang bahan alat tangkap set net dan hasil tangkapan-nya. Sebelum itu kita ulas sedikit tentang deskripsi alat tangkap set net, alat tangkap ikan set net adalah salah satu jenis alat penangkap ikan stationary gears yang terdiri atas empat bagian utama yaitu: 1. penuju (fence, leader); 2. serambi (heart, traps); 3. pintu (entrance); dan 4. kantong (crib, bag).

Pengoperasian alat tangkap set net di pasang melintang / memotong jalur ikan sehingga ikan - ikan akan tergiring ke bagian dari kantong hingga akhirnya ikan terperangkap. Pengankatan alat tangkap ikan set net biasanya dilakukan pagi ataupun sore hari, sedangkan dalam pengoperasian alat tangkap ini jumlah nelayan yang dibutuhkan tergantung pada ukuran dari set net itu sendiri tentunya semakin besar ukuran alat tangkap set net maka jumlah nelayan dalam pengoperasian alat tangkap set net ini akan semakin banyak.

Berikut ini gambar alat tangkap setnet beserta bagian - bagiaannya dan posisinya saat di pasang di dalam perairan.
Bahan Alat Tangkap Set Net dan Hasil Tangkapannya
gambar alat tangkap set net (sumber: http://bbpi-semarang.info)
Bahan alat tangkap set net adalah terbuat dari bahan sintesis yaitu nylon ataupun polyethilene. Untuk hasil tangkapan alat tangkap set net ini bervariasi jenisnya antara lain: ikan layur, ikan kwee, ikan selar, ikan laying, ikan sungir, ikan tengkek, ikan tembang, ikan japuh, ikan siro, ikan tongkol, ikan kembung, dan ikan senuk.

0 Response to "Bahan Alat Tangkap Set Net dan Hasil Tangkapannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel