Apa Alat Tangkap Set Net dan Bagaimana Syarat Penggunaanya

Perikananku Id - Jenis Alat Penangkapan Ikan. Deskripsi alat tangkap set net adalah merupakan salah satu jenis alat tangkap ikan yang tergolong bersefat menetap atau dikenal dengan istilah stationary gears. Konstruksi alat tangkap set net sendiri terdiri dari empat bagian utama yaitu: 1. Penuju (fence, leader); 2. Serambi (heart, traps); 3. Pintu (entrance); dan kantong (crib, bag). Pengoperasian alat tagkap set net biasanya dipasang dengan memotong jalur ikan (bisa jalur ruaya atau migrasi) sehingga ikan - ikan yang melintas akan secara otomatis tergiring masuk ke bagian kantong lalu terperangkap.

Alat tangkap ikan set net adalah salah satu jenis alat tangkap ikan yang sudah sering digunakan oleh nelayan di Jepang sejak ratusan tahun yang lalu. Di Indonesia yang prinsip kerjanya hampir sama dengan set net adalah jermal, sero, ambai, belat dan sebagainya.

Di Indonesia alat penangkap ikan set net sudah pernah di ujicobakan oleh BBPI Semarang di daerah Jeneponto, Sulawesi Selatan. Untuk melihat bagaimana ujicoba nya bisa dilihat di website resmi BBPPI Semarang langsung atau bisa di cari di youtube Ujicoba penggunaan Set Net BBPI

Berikut ini adalah gambar alat tangkap set net
Apa Alat Tangkap Set Net dan Bagaimana Syarat Penggunaanya
gambar alat tangkap set net (sumber: http://bbpi-semarang.info)


Mungkin ada yang bertanya bagaimana perawatan alat tangkap set net mengingat pemasangannya menetap dan selalu terendam di perairan, sayangnya kita belum membahasnya disini sehingga saya saran kan untuk mencari makalah tentang alat tangkap set net lain untuk mengetahui.

Selanjutnya persyaratan penggunaan set net yang harus dimiliki oleh perairan sebagai lokasi penempatan set-net yang dianggap layak, adalah memiliki kriteria sebagai berikut:

1. Kecepatan arus kurang dari 2 knot.
2. Tinggi gelombang tidak lebih dari 1 m.
3. Amplitudo pasang surut tidak lebih 2m.
4. Jarak antar garis kontur cenderung berdekatan (isodept menyempit) dengan kemiringan dasar tidak lebih dari 25° (landai).
5. Permukaan dasar merata, tidak bergunung, meluas dan tidak curam.
6. Substrat dasar perairan berupa lumpur-berpasir bebas dari dasar berbatu.
7. Kedalaman perairan tidak lebih dari 20 m.
8. Tidak mengganggu lingkungan dan ekosistem serta kegiatan lain di sekitarnya.
9. Perairan yang bukan jalur pelayaran.
10. Sumber daya ikan melimpah dan memiliki nilai ekonomi tinggi dengan pola migrasi ikan yang jarak tempuhnya dari pantai masih ekonomis.
11. Sosial masyarakat yang merespon positif dengan adanya set-net.
12. Sumber daya manusia yang berpendidikan dan terampil serta mau berorganisasi.
13. Sarana dan prasarana dengan aksesbilitas tinggi.
14. Pemerintah daerah berkomitmen mendukung secara penuh dan bertanggung jawab atas pengelolaan set-net dengan tetap menjaga kearifan lokal.

Kalian juga bisa mencari jurnal alat tangkap set net atau makalah alat tangkap set net dengan cara menuliskan keyword alat tangkap set net pdf di search engine untuk mendalami tentang alat tangkap ikan jenis traps yang satu ini.

0 Response to "Apa Alat Tangkap Set Net dan Bagaimana Syarat Penggunaanya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel