KISAH SUKSES EKOWISATA MANGROVE PANDANSARI (HUTAN MANGROVE KALIWLINGI BREBES)

Perikananku Id - Halo sobat perikanan Indonesia kali ini mimin mau membahas tentang Hutan Mangrove Kaliwlingi Brebes sob. Jadi selain Pulau Pasir yang terbentang hampir 10 km di Brebes ada juga tempat tujuan wisata / rekreasi lain juga loh yaitu ekowisata hutan mangrove sebagai salah satu tujuan wisata di Desa Wisata Pandansari Kaliwlingi Brebes.

KISAH SUKSES EKOWISATA MANGROVE PANDANSARI (HUTAN MANGROVE KALIWLINGI BREBES)
Hutan Mangrove Pandansari Brebes
Kawasan hutan mangrove ini sengaja dibuat sabagai upaya mencegah abrasi pantai yang semakin meluas di wilayah pesisir pantai Brebes. Hal ini terkait manfaat dan fungsi hutan Mangrove yang memang dapat menjadi penahan gelombang maupun menahan pasir pantai tergerus dan terbawa oleh gelombang air laut. Selain itu Hutan Mangrove juga berfungsi sebaga habitat hidup biota laut seperti kerang, kepiting, ataupun ikan.
Sebagai penunjang ekowisata mangrove di brebes ini, tersedia tracking atau tempat berjalan untuk menyusuri rimbunnya mangrove serta melihat burung bangau yang kerap hinggap di pohon mangrove di kawasan tersebut.

Wisata Hutan Mangrove Pandansari ini ada di daerah pesisir utara Desa Kaliwlingi Kecamatan Brebes, Kab. Brebes. Jaraknya sekitar 10 km dari pusat Kota Brebes. Kawasan ini dulunya merupakan area Tambak yang kemudian mengalami abrasi laut masif sejak tahun 1986. Setidaknya ada sekitar 850 ha tambak milik warga Brebes hilang tergerus oleh ganasnya air laut yang di akibatkan oleh abrasi ini.

Sebagai gerakan awal dari upaya melawan abrasi yang terjadi pada tahun 2008, Mashadi yang dibantu oleh mantan Kepala Desa Kaliwlingi Rusjan serta kelompoknya KBL Mangrove Sari mencoba melakukan penanaman kembali mangrove sebanyak lebih kurang 15 ribu pohon. Seiring dengan berjalannya waktu, hingga saat ini mangrove mulai mengalamai perkembangan hingga mencapai 1,7 juta pohon.
KISAH SUKSES EKOWISATA MANGROVE PANDANSARI (HUTAN MANGROVE KALIWLINGI BREBES)
Ekowisata Mangrove Pandansari Brebes
Yang awalnya warga Pandansari hampir putus asa dengan kondisi dan keadaan akibat bencana abrasi tersebut kini mulai merasakan hasil dari upaya yang dilakukannya melawan ketidakberdayaan yaitu membangun kawasannya menjadi Ekowisata Mangrove melalui restorasi atau penanaman kembali.

1 Response to "KISAH SUKSES EKOWISATA MANGROVE PANDANSARI (HUTAN MANGROVE KALIWLINGI BREBES)"

  1. Tempatnya enak
    asik buat jalan2 bareng anak dan keluarga.

    Pernah ke sini 2017 silam.
    Mudah2an sekarang makin indah dan asri.

    Jelajah Tempat Wisata Alam di Tracking Mangrove Kaliwlingi Brebes JawaTengah

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel