Klasifikasi dan Morfologi Clown Fish / Ikan Badut / Nemo

Perikananku ID - Ikan Hias. Ikan badut yang memiliki nama clown fish atau sering disebut juga dengan nama ikan nemo merupakan salah satu jenis ikan hias air laut yang digemari oleh berbagai kalangan karena keunikan dan kelucuan bentuk serta warna. Saat ini ikan yang hidupnya berasosiasi dengan anemon laut ini juga sudah dapat di budidayakan loh. Nah berikut ini adalah Klasifikasi dan Morfologi Clown Fish / Ikan Badut / Nemo tersebut:
Klasifikasi dan Morfologi Clown Fish / Ikan Badut / Nemo
Klasifikasi dan Morfologi Clown Fish / Ikan Badut / Nemo
- Klasifikasi Clown Fish / Ikan Badut / Nemo
Ikan badut atau Clown fish yang terkenal juga dengan nama ikan nemo merupakan hewan vertebrata (bertulang belakang) yang termasuk dalam filum Chordata.
Kingdom : Animalia
Fhylum : Chodata
Class : Actinopterygii
Ordo : Perciformes
Family : Fomacentridae

- Morfologi Ikan Clown

Ikan ikan nemo atau Ikan Clown berasal dari famili Pomacentridae. Salah satu famili terbesar dalam komunitas ikan karang Hingga saat ini diketahui ada sekitar 28 spesies. 27 spesies diantaranya termasuk dalam marga Amphiprion dan dua lainnya marga Premnas. Bentuknya yang cenderung bulat, Ikan Clown umumnya berwarna kuning, oranye, kemerahan, hitam dan putih dengan motif badan cenderung berupa garis putih. Motifnya yang berwarna menyala dengan gerakan yang lucu ini yang membuatnya dijuluki badut/clown.

Sisiknya relatif besar dengan sirip dorsal yang unik. Pola warna pada ikan ini sering dijadikan dasar dalam proses identifikasi mereka, disamping bentuk gigi, kepala dan bentuk tubuh. Variasi warna dapat terjadi pada spesies yang sama, khususnya berkenaan dengan lokasi sebarannya. Sebagai contoh Amphiprion clarkii merupakan spesies yang mempunyai penyebaran paling luas, sehingga spesies ini mempunyai variasi warna yang paling banyak (tergantung pada tempat ditemukan) dibandingkan dengan spesies Ikan Clown lainnya.

Ukuran maksimalnya bisa mencapai 10 – 18 cm. Ikan Clown terlahir dalam keadaan jantan dan yang akan berubah kelamin menjadi betina adalah yang terbesar dari kelompoknya atau pasangannya. Seluruh jenis ini merupakan famili dari Pomacentridae sehingga apabila ditelusuri maka masih ada saudara dengan damselfish. Di Negara lain seperti jepang, ikan ini dikenal dengan nama kakure-kumanomi, di Rusia: obyknovennaya rybka-kloun, dan di Denmark : klovnfisk.

Ikan Clown biasanya ditemukan pada anemon di laut, dapat ditemukan secara individual dan lebih umum berpasangan atau kelompok kecil dalam anemone.

0 Response to "Klasifikasi dan Morfologi Clown Fish / Ikan Badut / Nemo"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel