Habitat, Penyebaran dan Makanan Clown Fish / Ikan Badut / Nemo

Perikananku ID - Ikan Hias. Ikan badut yang memiliki nama clown fish atau sering disebut juga dengan nama ikan nemo merupakan salah satu jenis ikan hias air laut yang digemari oleh berbagai kalangan karena keunikan dan kelucuan bentuk serta warna. Saat ini ikan yang hidupnya berasosiasi dengan anemon laut ini juga sudah dapat di budidayakan loh. Nah berikut ini adalah Habitat dan Penyebaran nemo / clown fish atau ikan badut:
Habitat, Penyebaran dan Makanan Clown Fish / Ikan Badut / Nemo
Habitat, Penyebaran dan Makanan Clown Fish / Ikan Badut / Nemo

Ikan Clown merupakan ikan karang tropis yang hidup diperairan hangat pada daerah terumbu karang dengan kedalaman kurang dari 50 cm dan berair jernih. Daerah penyebarannya meliputi Samudra pasifik (Fiji), Laut Merah, Samudra Hindia (Indonesia, Malaysia, Thailand, Maladewa, Burma) Dan Great Barrier Reef Autralia. Ikan Clown merupakan ikan yang mempunyai penyebaran relatif luas, terutama di daerah Indo Pacific.

Salah satu jenis yang diketahui endemic adalah Amphiprion bicinctus. Di alam Ikan Clown memilih anemon tertentu untuk dijadikan rumahnya, salah satu contoh adalah Amphiprion ocellaris lebih memilih anemon karpet dibandingkan dengan anemon lain. 

- Makanan Clown fish / ikan badut

Ikan Clown merupakan ikan omnivora (pemakan hewan dan tumbuhan), makanannya berupa invertebrata kecil yang sesuai dengan bukaan mulutnya seperti crustacea, cacing renik, larva ikan, algae juga diketahui memenuhi 20 -25 % kebutuhan nutrisinya. Berbeda dengan Ikan Clown yang dibudidayakan dimana kebanyakan pakannya adalah pakan buatan (pellet).

0 Response to "Habitat, Penyebaran dan Makanan Clown Fish / Ikan Badut / Nemo"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel