BUDIKDAMBER, Budidaya Ikan Dalam Ember "Cara Budidaya Ikan Kekinian Di Perkotaan"

Perikananku ID - Jika bicara soal budidaya ikan baik itu lele, nila, gurame, bawal dan jenis-jenis ikan ekonomis penting lainnya yang terpikir pertama dibenak sebagian orang itu pasti lahannya seberapa ya, modalnya berapa ya, dll apalagi untuk daerah perkotaan yang memiliki lahan jelas-jelas terbatas dan ujung - ujungnya rencana budidaya akhirnya pun pupus ditelan angan.

Namun sobat Perikanan Indonesia sekarang tak perlu khawatir lagi karena ada solusi baru untuk melakukan budidaya ikan di lahan sempit atau terbatas yang diberi nama "BUDIKDAMBER".

Apa itu Budikdamber?.

Salah seorang teman saya telah membuat artikel mengenai ini "Budikdamber: Budidaya Ikan Masa Depan" mengingat lahan yang semakin menyempit sedangkan kebutuhan akan pangan terus meningkat sehingga di masa depan kita perlu inovasi tepat guna yang bisa mengakomodir hal ini salah satunya adalah budikdamber atau budidaya ikan dalam ember ini.

Ya, budikdamber adalah budidaya ikan dalam ember artinya kita melakukan usaha budidaya ikan menggunakan media ember. Media ember yang bisa anda gunakan adalah ember ukuran 80 lt dengan di isi air 60lt. Adapun sistem budikdamber ini mengadopsi sistem budidaya aquaponik, dimana pengertian Aquaponik sendiri merupakan kombinasi antara hidroponik dengan budidaya ikan.

Jenis ikan yang bisa dibudidayakan juga bervariasi bisa lele, nila, dan komoditas budidaya lainnya namun sebagai contoh disini adalah lele. Begitupula untuk tanaman hidroponik yang bisa ditanam juga bisa beragam salah satunya adalah kangkung. Untuk lebih jelas tahu lebih jelas tentang budidaya ikan dalam ember atau budikdamber itu seperti apa bisa dilihat pada video berikut ini:

2 Responses to "BUDIKDAMBER, Budidaya Ikan Dalam Ember "Cara Budidaya Ikan Kekinian Di Perkotaan""

  1. Replies
    1. siap bang, salam satu ember :) semoga semakin menjangkit budikdamber nya dan selalu eksis

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel