Mengenal Alat Tangkap Ikan Jaring Tiga Lapis (Tremmel Net)

Perikananku - Jaring Tiga Lapis (Trammel Net) secara klasifikasi masuk dalam golongan Gill Net tetapi dengan bentuk yang berbeda, secara khusus trammel net sendiri merupakan alat tangkap ikan yang berbentuk persegi panjang yang terdiri atas tiga bagian jaring sesuai namanya yaitu jaring tiga lapis alat tangkap ini juga terdiri atas tiga lapisan jaring yaitu dua (2) lapis jaring pada bagian luar atau istilah lainnya outer net dan satu (1) lapis jaring di bagian dalam atau diantara kedua lapis outer net tadi yang disebut juga dengan nama inner net. Perbedaan antara lapisan jaring outer net dengan inner net adalah terletak pada lebar mata jaringnya. 

Gambar. Pengoperasian Trammel Net 

Trammel Net tergolong alat tangkap ramah lingkungan karena dalam pengoperasiaanya alat tangkap ini bersifat pasif  karena di pasang menetap maupun dihanyutkan pada dasar perairan dalam kurun waktu tertentu dan selektif terhadap sasaran tangkapannya maupun ukurannya. Hasil tangkapan yang tertangkap oleh alat tangkap ikan ini adalah yang menghapirinya dan masuk kemudian terpuntal oleh 3 lapis jaring tersebut. 

Sasaran tangkap utama Trammel Net adalah udang (Hasil tangkapan utama) akan tetapi selain sasaran utama tersebut ada juga jenis-jenis ikan demersal yang memang habitat hidupnya juga berada didasar akan ikut tertangkap dan merupakan hasil tangkapan sampingan Trammel Net (sasaran sampingan).

Berikut ini data ikan hasil tangkapan dari Jaring Tiga Lapis atau Trammel Net
- Hasil Tangkapan Utama: Udang (Shrimp) hampir semua jenis udang ataupun lobster karena habitatnya memang di dasar mulai dari udang putih (White Shrimp) maupun udang windu (Tiger Shrimp).
- Hasil Tangkapan Sampingan: Jenis - jenis ikan demersal (Habitat hidupnya di dasar perairan) mulai dari Ikan Manyung, Bambangan (Kakap Merah), Cucut, Bawal Hitam, Kuro, Gulamah, Pari Kekeh, dan Kerapu serta beberapa jenis ikan demersal lainnya.

Moode Pengoperasian Trammel Net sendiri adalah sebagai berikut:
1. Jaring Trammel Net dioperasikan dengan dipasang atau dihanyutkan pada dasar perairan. (Wakru pengoperasiaannya sendiri biasanya siang hari pada pukul 04.00 sampai dengan 14.00)
2. Pengoperasian Trammel Net bisa dengan cara pasif atau dengan aktif, tetapi lazimnya di operasikan dengan pasif semacam penjebak ikan-ikan yang melintas ke jaring. Pada pengoperasian pasif cukup dilkaukan setting jaring membentang di dasar perairan dan tunggu selama waktu tertentu baru kemudian diangkat, sedangkan untuk cara pengoperasiaan aktifnya adalah dengan dari ujung belakang jaring di tarik kapal memutar agar udang atau ikan demersal terjerat dan terpuntal ke dalam jaring tiga lapis.

Dalam SNI 01-7238-2006 dari Badan Standarisasi Nasional tentang Bentuk baku konstruksi jaring tiga lapis (trammel net) ada dua macam atau 2 jenis yaitu yang pertama trammel net udang dan yang kedua trammel net induk udang.

Jaring tiga lapis atau Trammel net memiliki sebutan berbeda-beda di setiap daeranya ada yang menyebutnya dengan Jaring Gondrong, Jaring Kantong, hingga Jaring Tilek

0 Response to "Mengenal Alat Tangkap Ikan Jaring Tiga Lapis (Tremmel Net)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel