Gerakan Air Laut

Perikananku ID - Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang macam - macam gerakan air laut. Nah beriku ini adalah beberapa macam gerakan air laut yang kita biasa kita kenal yaitu :
1. Ombak-ombak, gelombang-gelombang dan alun,
2. Arus-arus laut, dan
3. Gerakan Pasang Surut
Gerakan Air Laut
Gerakan Air Laut

Mari kita bahas satu persatu nya mulai dari:

1. Ombak-ombak, gelombang-gelombang dan alun
Ombak-ombak di permukaan laut pada umumnya terjadi karena adanya tiupan angin di atau permukaan laut yang bersangkutan. Makin besar kecepatan angin, maka makin tinggilah ombak-ombak yang ditimbulkannya. 

2. Arus Laut
Arus laut dapat disebabkan oleh dua faktor, ialah :
a. Angin tetap, ialah angin yang bertiup terus menerus sepanjang tahun atau sepanjang waktu tertentu tanpa berubah-ubah arah, misaknya angin pasat, angin barat tetap dan angin muson,
b. Perbedaan tekanan air laut.
Arus laut yang disebabkan karena pengaruh angin disebut sebagai arus desakan angin, sedang arus laut yang disebabkan karena pengaruh perbedaan tekanan air laut disebut sebagai erus gradien.

3. Gerakan Pasang Surut
Pasang adalah suatu kondisi ataupun keadaan dimana air laut naik daripada kondisi biasanya. Sementara itu surut adalah kondisi dimana permukaan air laut turun daripada kondisi biasanya. Intinya, pasang surut adalah fenomena pergerakan baik naik ataupun turunnya posisi dari permukaan perairan laut yang terjadi secara berkala, adapaun penyebab terjadinya pasang surut air laut disebabkan oleh faktor- faktor tertentu. Pasang surut air laut tersebut akan terjadi secara bergantian sesuai pada periodenya atau faktor yang mempengaruhinya masing- masing. 

Nah itu dia yang dimaksud dengan Gerakan Air Laut dan jenis - jenisnya, seperti biasa jangan lupa tinggalkan pendapat dan pertanyaan anda di kolom komentar dan bagikan artikel ini, selamat membaca artikel perikanan dan kelautan kami lainnya.

0 Response to "Gerakan Air Laut"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel