PERANAN DAN MANFAAT PENGAPURAN DALAM BIDANG BUDIDAYA

Perikananku Id - Hi sobat Perikanan Indonesia di manapun anda berada, pasti sudah pernah tau dong kalau dalam SOP atau metode budidaya udang maupun ikan sering ditemui proses pengapuran kolam atau dasar tambak kan?. Tapi tau nggak sih sob apa Peranan dan Manfaat Pengapuran Dalam Bidang Budidaya itu sendiri, kenapa pengapuran penting dalam proses budidaya?. Kalo belum yuk disimak ajah artikel perikanan dari kami ini.

PERANAN DAN MANFAAT PENGAPURAN DALAM BIDANG BUDIDAYA
Peranan dan Manfaat Pengapuran Dalam Bidang Budidaya
Penggunaan kapur pada kolam budidaya untuk meningkatkan produksi ikan di Indonesia baru dilakukan pada tahun 1962 oleh Hickling (Zonneveld et al,1991). Tujuan utama pengapuran adalah untuk meningkatkan tersedianya zat hara di perairan.

Pengapuran tanah kolam dilakukan dengan menebar kapur hingga merata keseluruh bagian dalam kolam (tanah dasar dan pematang). Proses pengapuran tanah dasar tambah bertujuan untuk meningkatkan dan mempertahankan derajat keasaman (pH) tanah bagian dalam kolam hingga pada kisaran nilai pH normal (berkisar 7 - 8).

Secara umum penggunaan kapur adalah salah satu usaha dalam meningkatkan produksi budidaya. Peranan dan manfaat pengapuran (Huet, 1979; Hepher & Pruginin, 1981), yaitu:
1) Menetralisasikan asam bebas yang terdapat dalam air.
2) Menyanggah goncangan pH secara mendadak.
3) Membantu mengendapkan bahan koloid yang terdapat dalam larutan tanah.
4) Mendorong bakteri pemecah bahan-bahan organik untuk bekerja lebih aktif
dalam pelepasan bahan organik.
5) Membantu pembentukan tulang ikan dan mencegah kelainan tulang.
6) Memperbaiki kondisi tanah.

Jadi sudah tau dong sekarang kenapa pengapuran dalam budidaya diperlukan?, jangan lupa untuk baca artikel perikanan dan kelautan kami yang lainnya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya Bye . .  bye . . . 

0 Response to "PERANAN DAN MANFAAT PENGAPURAN DALAM BIDANG BUDIDAYA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel