Mengenal Ikan Lele Masamo Lebih Dekat berikut dengan Ciri - ciri dan Klasifikasinya

Hallo sobat Perikananku kali ini kita akan membahas tentang salah satu spesies dari komoditi perikanan budidaya air tawar yaitu ikan lele atau keluarga dari Catfish. Perkenalkan spesies lele ini bernama Lele Masamo, meski namanya berbau kejepang - jepangan tetapi ternyata lele ini bukan berasal dari sana.  Ada yang bilang jenis ikan lele masamo ini berasal dari Afrika tetapi beberapa sumber lain menyebut spesies ini asalnya dari Korea dan Thailand, kalau korea kayaknya mungkin bisa yang kan masih tetanggaan sama jepang :).

Sumber: Instagram @clary.farm

Lebih mendalam tentang Lele Masamo ini pertama kali di perkenalkan di Indonesia tepatnya pada tahun 2010 silam saat salah satu perusahaan dibidang perikanan mendatangkangkannya dari thailand. Loh itu dari thailand? bukan seperti itu memang Lele Masamo ini didatangkan dari thailand tetapi dalam sebuah sumber menyebutkan bahwa lele ini berasal dari thailand tetapi diadaptasikan atau di kohabitasi di Asia tepatnya di Thailand jadi wajar jika lele ini di datangkan dari Thailand dan ada yang menyebut kalo ini lele thailand.

Lalu kenapa harus mendatangkan lele masamo padahal lele lokal kan juga ada misalnya lele sangkuriang, jadi ada keunggulan dari ikan lele masamo ini yang mbuatnya menarik untuk didatangkan dan dibudidayakan di Indonesia yaitu ikan ini dapat beradaptasi untuk di budidayakan didaerah berdataran tinggi atau memiliki toleransi dan dapat hidup pada media air yang relatif rendah atau terlalu dingin.

Selain itu keunggulan lain dari lele masamo ini adalah dia lebih kuat secara fisik utamanya kebal terhadap penyakit, apalagi tingkat pertumbuhan dari lele masamo ini cenderung lebih cepat dari jenis-jenis varietas ikan lele yang sudah lebih dulu ada dan dibudidayakan di Indonesia yang artinya lama proses budidaya akan lebih singkat sehingga pengeluaran akan semakin efisien dalam proses budidaya yang imbas akhirnya keuntungan yang lebih baik tentunya. 

Yang selanjutnya ini adalah Klasifikasi ikan lele masamo:
Nama: Ikan Lele Masamo (Clarias gariepinus)
Kingdom : Animalia
Phylum : Chordata
Subphylum : Vertebrata
Class : Pisces
Subclass : Teleostei
Ordo : Ostariophysi
Subordo : Siluroidea
Family : Clariidae
Genus : Clarias
Spesies : Clarias gariepinus
(Sumber: digilib.unila.ac.id)

Cici - ciri ikan ikan lele masamo sendiri adalah sebagai berikut:
- Ikan lele masamo memiliki bentuk tubuh memanjang
- Kepala ikan lele masamo berbentuk pipih (runcing)
- Seperti kebanyakan ikan lele lainnya ikan lele masamo juga tidak bersisik
- Karena termasuk jenis catfish ikan lele ini juga memiliki kumis yang jumlahnya ada 4 pasang
- Warna ikan lele jenis masamo hitak pekat kebiruan
- Ukuran ikan lele masamo sendiri lebih pendek dibanding lele jenis lainnya
Hal yang membedakan sekali ikan lele jenis ini dengan jenis lainnya adalah ikan lele masamo akan berbintik putih keabu-abuan saat dia mengalami stress dan terdapat tonjolan pada tengkuk kepalanya.

Mungkin segitu dulu perkenalan dari ikan lele masamo, Ikan lele afrika rasa Thailand.

0 Response to "Mengenal Ikan Lele Masamo Lebih Dekat berikut dengan Ciri - ciri dan Klasifikasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel