Biaya Pembuatan Buku Pelaut Baru

Perikananku Id - Perikanan Indonesia. Biaya pembuatan buku pelaut baru, mungkin dari teman - teman sedang mencari berapa sih harga buku pelaut di jakarta maupun di daerah lainnya. Oleh karena itu pada artikel ini kita akan membahas kita akan membagikan info tersebut. Sebelum itu ada baiknya sobat untuk membaca artikel kami seblumnya tentang prosedure dan syarat perpanjangan buku pelaut karena syaratnya hampir sama dengan syarat pembuatan buku pelaut baru. Adapun pembuatan buku pelaut baru dapat di lakukan di Jakarta di beberapa daerah lain seperti semarang, surabaya, makassar dan kota - kota besar yang lainnya.

Buku pelaut sendiri adalah sebuah dokumen resmi dari negara yang dikeluarkan langsung oleh pemerintah khusus untuk para pelaut, adapun fungsi buku pelaut adalah sebagai identitas pelaut layaknya sim. Isi dari buku pelaut sendiri meliputi identitas fisik pelaut yang tidak berdasarkan standar biometrik sidik jari dan juga bukan menjadi dokumen perjalanan dan fungsinya tidak dapat menggantikan paspor.

Pembuatan buku pelaut ada dua jenis yaitu pembuatan baru dan perpanjangan dimana keduanya memiliki biaya yang berbeda. Untuk biaya pembuatan buku pelaut baru berdasarkan tarif resmi BNPB pemerintah adalah Rp. 100.000,- sedangkan untuk biaya perpanjangan buku pelaut adalah sebesar Rp. 10.000,-.

Namun memang ada oknum yang kadang mematok harga diatas harga tersebut terutama jika sobat membuat nya lewat jasa pembuatan buku pelaut (calo) maka harganya bisa melambung biasanya kisaran 300rb - 400rb.

Semoga artikel Biaya pembuatan buku pelaut ini dapat membantu anda yang akan membuat buku pelaut.

0 Response to "Biaya Pembuatan Buku Pelaut Baru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel