Mengenal Alat Tangkap Lift Net

Perikananku Id - Perikanan Indonesia. Pada artikel kali ini kita akan mengenal alat tangkap lift net. Dari sekian banyak jenis - jenis alat pengangkapan ikan mulai dari alat tangkap ikan ramah lingkungan hingga alat tangkap ikan yang tidak ramah lingkungan, lift net adalah salah satunya. Jenis alat tangkap lift net ada yang menggolongkannya sebagai alat penangkapan ikan ramah lingkungan karena dalam pengoperasiannya bersifat pasif dan menunggu ikan sehingga tidak merusak lingkungan.

Namun dalam beberapa kajian ada yang menyebut jenis lift net yaitu bagan adalah alat tangkap yang tidak ramah lingkungan, alasan kenapa bagan disebut alat tangkap yang tidak ramah lingkunan yaitu karena penggunaan atraktor (lampu) untuk menarik ikan sehingga ikan fototaksis positif dari besar hingga yang kecil berkumpul, ditambah lagi mata jaring dari kantong bagan yang kecil membuat bagan disebut tidak ramah lingkungan.

Mengenal Alat Tangkap Lift Net
Mengenal Alat Tangkap Lift Net
Prinsip kerja alat tangkap lift net:
1. Menarik perhatian ikan 
2. Mengkonsentrasikan (mengumpulkan) ikan menggunakan alat bantu penangkapan, dalam hal ini yaitu lampu (light fishing) 
3. Menurunkan jaring untuk menangkap sekumpulan ikan yang sudah terkumpul oleh atraktor.
4. Mengangkat jaring.

Alat tangkap lift net merupakan alat tangkap pasif, hal ini karena lift net sangat bergantung terhadap ketertarikan ikan pada alat bantu cahaya yang digunakan.

Berdasarkan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan RI Nomor: 06/MEN/2010 mengolongkan Lift Net /Jaring angkat kedalam kelompok alat tangkap yang terbuat dari:

- bahan jaring berbentuk persegi empat yang dilengkapi bingkai dari bambu ataupun bahan lainnya yang berfungsi sebagai rangka.
- Dioperasikan dengan cara tenggelamkan di kolom air ketika setting kemudian diangkat ke permukaan ketika hauling 
- Dilengkapi dengan / tanpa lampu pengumpul ikan sebagai atraktor ikan, untuk menangkap ikan pelagis dengan fototaksis positif maupun ikan karnivora (SNI 7277.9:2008).

Macam - macam alat tangkap Lift Net:

a. Bagan. Jenis bagan ada 3 macam yaitu: 
1. Bagan Tancap 
2. Bagan Rakit 
3. Bagan Rambo 

b. Stick Held Dip Net ; dan
c. Scoop net .

Setelah mengenal mengenal alat tangkap lift net, pada artikel - artikel selanjutnya kita akan menjelaskan lebih detail tentang masing - masing jenis alat tangkap Lift Net.

0 Response to "Mengenal Alat Tangkap Lift Net"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel