Apa Itu Cantrang Dan Kenapa Alat Tangkap Cantrang Dilarang?

Apa Itu Cantrang Dan Kenapa Alat Tangkap Cantrang Dilarang?
Apa Itu Cantrang Dan Kenapa Alat Tangkap Cantrang Dilarang?
Perikananku Id - Alat Tangkap Ikan. Dalam beberapa tahun kebelakang alat tangkap ikan cantrang ramai jadi bahan perbincangan hingga puncaknya menteri Susi Pudjiastuti di panggil presiden Jokowi terkait masalah cantrang karena banyaknya demo penolakan pelarangan alat tangkap cantrang tersebut. Tapi anda tahu nggak sih apa itu cantrang?.

Jadi alat tangkap ikan cantrang adalah alat penangkapan ikan yang bersifat aktif serta pengoperasiannya berada di dasar perairan hingga menyentuh dasar perairan. Cara pengoperasian alat tangkap cantrang dilakukan dengan cara menuruan jaring cantrang di ikuti oleh otter board kemudian tali selambar, setelah semua bagian dari alat tenggelam dan mencapai kedalaman tertentu kapal bergerak menarik jaring cantrang. Ikan hasil tangkapan alat tangkap cantrang bisa dibilang menjanjikan jika dibandingkan dengan alat tangkap ikan lainya, namun ada alasan mendasar kenapa alat tangkap cantrang dilarang beroperasi berikut ini listnya:

1. Alat tangkap cantrang tidak selektif
Dalam pengoperasiannya, alat tangkap cantrang layaknya alat tangkap trawl yang sudah lebih dulu dilarang memiliki selektifitas rendah bahkan bisa dibilang sangat rendah. Rata - rata 46 - 51% dari total hasil tangkapan cantrang memang merupakan hasil tangkapan ekonomis penting seperti udang hingga ikan - ikan dasar yang memiliki harga yang lumayan, namun 49 - 54% sisanya merupakan bycatch yang didominasi oleh ikan petek dan ikan - ikan kecil yang dipasar tidak laku dan jenderung menjadi bahan tepung ikan untuk pakan ternak.

2. Alat tangkap cantrang tidak ramah lingkungan
Kontruksi dari alat tangkap cantrang ini menggunakan pemberat dan pengoperasiannya ditarik oleh kapal sehingga mengaduk dasar perairan hingga menyapu semua yang ada didepannya tanpa pandang bulu termasuk biota laut maupun karang. Akibatnya sungguh luar biasa, ekosistem rusak menyebabkan proses restoking ikan alami menjadi terganggu inilah yang menyebabkan terjadinya over fishing.

Menilik ancaman besar terhadap keberlangsungan sumberdaya laut dan ikan Indonesia di masa mendatang membuat pemerintah dalam hal ini KKP mengambil kebijakan besar dengan pelarangan alat tangkap cantrang. Jadi sudah tau kan apa itu cantrang dan alasan kenapa alat tangkap cantrang itu dilarang?. Kita perlu menjaga sumberdaya kelautan dan perikanan agar tetap lestari dan dapat dinikmati oleh anak cucu kita nanti.

1 Response to "Apa Itu Cantrang Dan Kenapa Alat Tangkap Cantrang Dilarang?"

  1. Yuk Gabung Bersama Hanya di RoyalQQ

    Minimal Deposit Hanya Rp 15.000

    Bonus TO 0.5% dibagikan setiap hari!

    Yuk rasakan sensai menang hanya di RoyalQQ

    Register > https://goo.gl/dQPyud

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel