Problematika Yang Dihadapi Nelayan Indonesia

Perikananku-id. Problematika Nelayan di Indonesia - Memiliki wikayah perairan yang lebih luas daripada daratan dan dianugerahi sumberdaya perikanan dan kelautan yang berlimpah bukan berarti nelayan Indonesia akan 100% sejahtera. Ada permasalahan - permasalahan yang pelik melingkari kehidupan nelayan di Indonesia.

Berikut ini permasalahan tersebut kami rangkum dalam "Problematika yang dihadapi Nelayan Indonesia".

1. Alat tangkap ikan
Alat penangkapan ikan yang digunakan nelayan Indonesia masih di dominasi oleh alat tangkap ikan tradisional, sehingga menyebabkan hasil tangkapan tidak maksimal.

2. Daerah penangkapan / fishing ground
Berkurangnya daerah - daerah penangkapan / fishing ground karena mengalami over fishing serta di alih fungsikan sehingga hasil penangkapan ikan semakin menurun.

3. Tingkat pendidikan
Tingkat pendidikan dikalangan nelayan Indonesia rata - rata masih relatif rendah. Hal ini menyebabkan pola pikir dan inovasi dari para nelayan cenderung terbatas.

4. Akses pemasaran
Kurangnya akses pemasaran hasil tangkapan dari para nelayan membuat terjadinya monopoli dari kalangan tertentu sehingga harga jual ikan di tingkat nelayan tergolong rendah dan jauh dibawah harga pasaran.

5. Modal
Akses permodalan yang minim membuat nelayan Indonesia susah mencari modal, sekalinya ada cenderung terkena rentenir yang memberi pinjaman modal dengan bunga tinggi.

6. Coldstorage
Masih minimnya akses penyimpanan hasil tangkapan nelayan berupa ruang pendingin / coldstorage membuat ikan menjadi cepat mundur mutu yang imbasnya nilai jualnya merosot tajam.

7. Kesejahteraan
Sebagian besar nelayan Indonesia masih berada di garis kemiskinan. Selain hasil yang tidak menentu, pola konsumtif nelayan juga mempengaruhi hal ini, kebanyakan nelayan ketika hasil melimpah membelanjakan apa saja yang di inginkan dan kurang memikirkan tabungan maupun investasi.

8. Keahlian Terbatas
Kebanyakan nelayan tidak memiliki keahlian tambahan sehingga ketika terjadi paceklik ikan kebanyakan dari mereka cenderung menganggur.

Nah itu dia problematika nelayan di Indonesia. Bagaimana menurut pendapat anda? solusi kongkrit seperti apakah yang dibutuhkan? silahkan tulis di kolom komentar.

0 Response to "Problematika Yang Dihadapi Nelayan Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel