KLASIFIKASI, MORFOLOGI, DAN JENIS - JENIS BELUT. LENGKAP!

Perikananku ID - Cara ternak belut rumahan atau budidaya belut di pekarangan rumah dapat dilakukan dean menpgunakan cara budidaya belut di ember atau istilah kerennya Budikdamber atau budidaya ikan dalam ember. cara beternak belut yang benar dapat dilakukan dengan metode budidaya belut tanpa lumpur maupun budidaya belut dengan lumpur. Sedangkan bibit belut untuk melakukan budidaya belut sendiri bisa disapat dari alam maupun dari hasil pembenihan. Selanjutnya akan dijelaskan tentang apa itu belut, klasifikasi belut, morfologi belut, cara belut berkembangbiak, jenis - jenis belut, dan lain sebagainya.

Belut merupakan ikan yang bentuknya mirip ular dan termasuk ke dalam famili Synbranchidae. Seperti halnya ular, belut tidak memiliki sirip kecuali sirip ekor yang juga mengecil, tidak bersisik (atau memiliki sedikit sisik), dan dapat bernapas di udara.

Klasifikasi Belut

Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Synbranchiformes
Famili : Synbranchidae
Genus : Macrotema
Spesies : Macrotema albus

Manaaf belut secara ekonomis, Belut memiliki nilai ekonomi dan ekologi, secara ekonomi belut banyak diperjualbelikan karena harga belut lumayan menjanjikan atau diburu untuk dimakan karena cita rasa belut yang enak dan khas, baik digoreng ataupun dimasak dalam berbagai macam masakan. Manfaat secara ekologis belut bisa dijadikan indikator pencemaran lingkungan. Jika belut tidak ada, menandakan bahwa telah terjadi kerusakan lingkungan yang cukup parah.

Habitat dan Penyebaran Belut
Kelompok belut termasuk hewan pantropis, artinya belut dapat ditemukan di semua daerah tropika. Belut tinggal di lingkungan rawa dan sawah. Biasanya belut lebih suka berada di lingkungan yang berlumpur dan bersembunyi di dalam lumpur. Hewan ini mampu berlama-lama tanpa air, asalkan lingkungannya tetap basah. Selain itu, belut juga dapat mengambil oksigen langsung dari udara, bahkan hewan ini mampu menyerap oksigen lewat kulitnya.

Jenis Makanan Belut
Belut merupakan hewan yang aktif di malam hari. Semua jenis belut adalah pemangsa. Hewan yang menjadi mangsanya adalah hewan-hewan kecil yang biasa ada di rawa, sawah, atau sungai. Makanan belut di antaranya adalah ikan-ikan kecil, katak, cacing, serangga, atau udang kecil. Ketika tidak menemukan makanan, belut dapat memakan belut lainnya.

Cara Berkembang Biak Belut
Masa kawin belut secara alami terjadi selama musim hujan dan pada malam hari dengan suhu sekitar 28°C atau lebih. Musim berbiak tersebut ditandai dengan berkeliarannya belut jantan ke tepian dan di daerah yang dangkal yang akan menjadi lubang perkawinan belut. Setelah terjadi perkawinan, belut jantan akan menjaga telur-telur tersebut.

Telur-telur belut akan menetas setelah 9-10 hari. Setelah menetas, belut jantan akan terus menjaga anak belut sampai mereka meninggalkan sarang untuk mencari makan sendiri.

Jenis - Jenis Belut
Kita mengenal ada 3 jenis belut yang ada di Indonesia, yaitu belut sawah, belut rawa, dan belut laut. Jenis yang paling dikenal di Indonesia adalah belut sawah. Belut sawah ini memiliki ukuran panjang tubuh kurang lebih 20 kali dari lebar badannya serta tiga lengkung insang.

Belut sawah
Belut rawa kurang begitu dikenal karena jumlahnya yang masih terbatas. Belut rawa ini memiliki ukuran panjang tubuh sekitar 30 kali lebar badannya serta memiliki empat lengkung insang.

2 Responses to "KLASIFIKASI, MORFOLOGI, DAN JENIS - JENIS BELUT. LENGKAP!"

  1. Terimakasi infonya, kunjungi juga http://bit.ly/2o19np0

    ReplyDelete
  2. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q
    paling diminati di Indonesia,
    di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    ~bandar poker
    ~bandar-Q
    ~domino99
    ~poker
    ~bandar66
    ~sakong
    ~aduQ
    ~capsa susun
    ~perang baccarat (new game)
    segera daftar dan bergabung bersama kami.Smile
    Whatshapp : +85515373217

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel