Alat Tangkap Ikan Jaring lingkar (surrounding nets)

Perikananlu ID - Hallo sobat perikanan Indonesia, pada kesempatan kali ini kita akan membahasa tentang salah satu alat penangkap ikan yang biasa disebut Jaring lingkar (surrounding nets).

Alat tangkap jaring lingkar adalah alat penangkapan ikan yang dalam pengoperasiannya mempunyai prinsip penangkapan dengan melingkari gerombolan ikan yang menjadi sasaran tangkap menggunakan jaring yang cara pengoperasiaanya adalah dengan menggunakan perahu/kapal sekaligus didukung sarana alat bantu penangkapan ikan (ABPI) untuk mendukung pengoperasiannya.

Desain dan konstruksi alat tangkap jaring lingkar berkembang menyesuaikan dengan target ikan tangkapan sesuai yang dikehendaki, sehingga secara bentuk dan ukuran jaring lingkar serta sarana apung serta alat bantu penangkapan ikan yang digunakan menjadi bermacam - macam.

Berikut ini adalah jenis alat tangkap ikan yang masuk dalam klasifikasi alat tangkap jaring lingkar (surrounding net):

a) Jaring lingkar bertali kerut (With purse lines/Purse seine)
1. Pukat cincin dengan satu kapal (One boat operated purse seines)
a. Pukat cincin pelagis kecil dengan satu kapal
b. Pukat cincin pelagis besar dengan satu kapal
Gambar Pukat cincin dengan satu kapal
2. Pukat cincin dengan dua kapal (Two boat operated purse seines)
a. Pukat cincin grup pelagis kecil
b. Pukat cincin grup pelagis besar
           Gambar Pukat cincin dengan dua kapal

b) Jaring lingkar tanpa tali kerut (Without purse lines/Lampara)

Nah itu dia sob Alat Tangkap Ikan Jaring lingkar (surrounding nets), jangan lupa tinggalkan kesan anda di kolom komentar.

2 Responses to "Alat Tangkap Ikan Jaring lingkar (surrounding nets)"

  1. alat inisampai sekarang saya masih pakai di kapal nelayan, masalah yg di hadapi, kalau digunakan dengan penyinaran lampu malam maka kondisi jaring banyak robek karena beroperasi di kedalaman 50 m - 60 m , sedang kan untuk beroperasi di laut dalam harus banyak di tebar alat rompong bambu ( sebagai naungan ikan ) dimana sekala 1 - 2 bulan di jaring jdi untuk kontinyu nelayan tangkap stiap kapal memiliki rompong 20 buah yg di tebar di tengah laut, perlu modal banyak ( @Rp. 18.000.000 / buah ) , oleh itu saya mencari mitra kerja untuk modal rompong ( ini nyata/riil )nelayan lapecce kabupaten bone sulawesi selatan

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel