Deskripsi Alat Tangkap Tuna longline

Perikananku ID - Hallo sobat perikanan Indonesia, pada kesempatan kali in kita akan membahas tentang "Deskripsi Alat Tangkap Tuna longline".  Runa Longline juga dikenal sebagai alat tangkap Rawai tuna, dimana alat penangkapan ikan ini bisa dibilang alat tangkap tuna yang paling efektif hingga saat ini serta ramah lingkungan karena merupakan alat tangkap ikan pasif.

Rawai tuna adalah alat tangkap yang terdiri atas rangkaian sejumlah pancing yang dioperasikan sekaligus / bersamaan. Bagian bagian dari rawai tuna yaitu terdiri dari rangkaian tali utama, kemudian tali pelampung pada tali utama yang berfungsi sebagai penanda sekaligus pengapung, selanjutnya pada setiap jarak tertentu terdapat beberapa tali cabang pendek serta lebih kecil diameternya dari tali utama.  Ujung tali cabang rawai tuna selanjutnya diikat kemata pancing pancing lalu di beri umpan.
Gambar alat tangkap longline (rawai tuna)
Gambar alat tangkap longline (rawai tuna)
Longline memiliki beberapa jenis, diantaranya adalah :
Baca Juga: Hasil Tangkapan Alat Tangkap Longline 
1. Rawai tetap / bottom long line adalah alat tangkap ikan rawai yang pengoperasiannya dengan cara dipasang didasar perairan serta tetap pada jangka waktu tertentu. Jeni rawai tuna yang satu ini biasanya ditujukan untuk menangkap ikan-ikan demersal.

2. Rawai hanyut / drift long line adalah alat tangkap ikan rawai yang dalam pengoperasiannya dihanyutkan mengikuti arah arus air. Jenis rawai tuna yang satu ini biasanya targetnya adalah menangkap jenis-jenis ikan pelagis.

Alat tangkap tuna longline adalah alat tangkap ikan yang dibunakan untuk menangkap ikan pelagis besar seperti tuna, marlin, dll di perairan dalam (pelagis) biasanya di samudera.  Alat tangkap Longline terdiri dari sederetan tali-tali utama, dan pada tali utama pada jarak tertentu terdapat tali cabang yang ukuran diameter dan panjangnya lebih kecil dari tali utama, pada ujung tali cabang dikaitkan mata pancing yang diisi umpan (Hampir sama dengan jenis rawai lainnya).

0 Response to "Deskripsi Alat Tangkap Tuna longline"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel