Dinamika Stok Sumberdaya Ikan

Perikananku ID - Dinamika Stok Sumberdaya Ikan. Pada kolam yang bersifat tertutup (tidak berhubungan langsung dengan perairan umum), maka stok sumberdaya ikan yang dipelihara dihitung sebagai biomassa ikan ya dapat ng masih hidup. Biomassa ikan tersebut dipengaruhi oleh pertumbuhan individu ikan, kematian ikan, kelahiran ikan yang terjadi di kolam dan intervensi manusia, misalnya menambah jumlah tebar benih perairan umum, ikan dan pemberian pakan buatan. Sedangkan di maka migrasi juga memberi pengaruh terhadap stok sumberdaya ikan pada perairan tersebut. Terdapat beberapa versi definisi stok sebagai berikut:
1. Menurut Cushing, stok adalah biota yang memiliki daerah pemijahan tunggal, dimana hewan dewasanya akan kembali dari tahun ke tahun.
2. Menurut Gulland, suatu sub kelompok dari satu spesies dapat diperlakukan sebagai satu stok jika perbedaan-perbedaan dalam kelompok dalam kelompok tersebut dan ”percampuran” dengan kelompok lain mungkin dapat diabaikan tanpa membuat kesimpulan yang keliru.
3. Menurut Ihsen, dkk, stok adalah suatu kelompok interspesific dari individu-individu yang berhubungan secara acak dalam kesatuan menyeluruh menurut waktu dan ruang.
4. Menurut Larkin, stok adalah suatu populasi organisme yang memiliki kumpulan gen yang sama, relatif terpisah yang menjamin bahwa suatu sistem mandiri yang kekal yang dapat dikelola.
5. Menurut Ricker, stok adalah bagian dari suatu populasi ikan yang dari sudut pandang pemanfaatannya, baik secara aktual maupun potensial.
6. Menurut Royce (1996), stok sumberdaya ikan adalah sekumpulan ikan yang dapat dieksploitasi dan dikelola secara independen.

Artinya, pengelolaan stok tertentu relatif tidak berpengaruh (atau pengaruhnya sangat kecil) pada stok lain yang berbeda lokasinya. Dalam beberapa kasus terjadi kerancuan pengertian antara stok dan populasi. Stok merupakan unit pengelolaan yang didefinisikan untuk tujuan operasional pemanfaatan sumberdaya ikan, misalnya untuk pembagian wilayah pengelolaan sumberdaya perikanan dan penentuan jumlah tangkapan yang diperbolehkan. Sedangkan populasi merupakan unit biologi.

Stok sumberdaya ikan di perairan tertentu, baik sungai, rawa, waduk maupun laut, mengalami dinamika. Tanpa intervensi manusia, maka stok ikan akan bertambah karena faktor pertumbuhan dan emigrasi. Pertumbuhan yang terjadi dalam stok ikan antara lain dikarenakan pertumbuhan bobot (penambahan bobot) maupun reproduksi (pertambahan jumlah individu). Populasi ikan juga akan mengalami pengurangan karena faktor kematian, yaitu kematian dan imigrasi. Kematian terjadi antara lain karena faktor siklus hidup ataupun dimangsa predator. Emigrasi dan imigrasi terjadi sebagai konsekuensi sifat alamiah ikan dalam rangka siklus hidup ataupun mencari makanan. Emigrasi merupakan perpindahan ikan dari daerah lain ke suatu lokasi perairan. Sedangkan imigrasi merupakan perpindahan ikan dari suatu lokasi perairan ke daerah lain.

Sumber: Wijayanto (2007) - Gambar Konsep Kepadatan Ikan dan Faktor Yang 

Mempengaruhi Apabila memperhitungkan aspek campur tangan manusia, maka diperhitungkan dampak dari penangkapan ikan, baik secara tradisional, hobi memancing ikan maupun industri perikanan tangkap. Upaya penangkapan ikan akan menyebabkan tingkat kematian ikan menjadi semakin tinggi. Kematian karena kegiatan penangkapan ikan oleh manusia dapat dikategorikan sebagai kematian artifisial. Dinamika stok sumberdaya ikan akan semakin kompleks apabila intervensi manusia menyebabkan degradasi lingkungan, misalnya pencemaran dan kerusakan alam, yang dapat mengganggu proses pertumbuhan dan meningkatkan laju kematian ikan.

1 Response to "Dinamika Stok Sumberdaya Ikan"

  1. Your Affiliate Money Printing Machine is waiting -

    And getting it set up is as simple as 1, 2, 3!

    This is how it all works...

    STEP 1. Choose which affiliate products you want to push
    STEP 2. Add some PUSH BUTTON TRAFFIC (this ONLY takes 2 minutes)
    STEP 3. Watch the affiliate products system explode your list and sell your affiliate products on it's own!

    Are you ready to make money automatically?

    Click here to start running the system

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel