Ciri - ciri, Kandungan, dan Klasifikasi Ikan Tongkol (Euthynnus Affinis)

Ikan merupakan sumber makanan penting dengan kandungan protein tinggi dan tentunya rasa khas ikan yang tidak dapat digantikan oleh bahan makanan yang lainnya seperti ikan yang satu ini. Pasti sobat Perikananku Id sudah tidak asing lagi dong sama ikan yang satu ini? Yap, ikan tongkol. Ikan yang memiliki nama latin euthynnus affinis merupakan Ikan laut dari suku Scombridae ini hidup di perairan dangkal dekat pesisir di kawasan Indo-Pasifik Barat.
Ciri - ciri, Kandungan, dan Klasifikasi Ikan Tongkol (Euthynnus Affinis)
tongkol (euthynnus affinis)
Untuk ukuran, ikan tongkol memiliki panjang umumnya 60 cm dan maksimum sekitar 100 cm. Berat maksimum ikan tongkol dapat mencapai 13,6 kg. Bentuk ikan tongkol hampir seperti ikan cakalang ataupun tuna, ciri - ciri khusus yang membedakan Ikan tongkol dengan yang lainnya adalah pada bagian punggung berwarna biru metalik gelap serta terdapat pola coret-coretan melintang (miring), pada bagian sisi badan serta perut ikan tongkol berwarna putih keperakan. Ikan tongkol juga tidak memiliki sisik sob, kecuali di bagian corselet dan gurat sisi.

Berikut ini adalah klasifikasi Ikan Tongkol Menurut Saanin (1986):
- Phylum : Animalia
- Sub Phylum : Chordata
- Kelas : Pisces
- Sub Kelas : Teleostei
- Ordo : Perchomorphi
- Sub Ordo : Scombrina
- Famili : Scombridae
- Genus : Euthynnus
- Spesies : Euthynnus affinis

FYI, Ikan ini bersifat epipelagis dan neritik, yaitu menjelajahi perairan-perairan terbuka bersuhu 18-29 derajat C. Di bagian daging ikan tongkol memiliki komponen yang utama adalah air, protein, dan lemak yang berkisar antara 98% dari total berat daging.

Tongkol juga memiliki banyak kandungan gizi loh sob, antara lain: Omega 3 dan omega 6, Kandungan Protein, kandungan EPA, Zat Besi, Iodium, Flour, serta Selenium. Perbanyak konsumsi ikan minimal 3x seminggu untuk kesehatan tubuh.

Nah itu dia Ciri - ciri, Kandungan, dan Klasifikasi Ikan Tongkol (Euthynnus Affinis). Sudahkan anda makan ikan hari ini? Ayo makan ikan!.

0 Response to "Ciri - ciri, Kandungan, dan Klasifikasi Ikan Tongkol (Euthynnus Affinis)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel