Mengenal Lebih Dekat Ikan Cakalang atau Katsuwonus Pelamis

Hi sobat Perikananku Id, kali ini kita akan membahas tentang ikan cakalang.
Nama latin Ikan Cakalang adalah Katsuwonus Pelamis, cakalang merupakan jenis ikan favorit yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia. Di Indonesia sendiri ikan Cakalang banyak di temui pada perairan Indonesia Timur seperti: Laut Maluku, Laut Banda, Selat Makassar, serta lepas pantai NTT.

Oh iya, perlu di catat yah jika ikan cakalang ini berbeda dengan ikan Tuna maupun Tongkol walaupun sekilas untuk orang awam mungkin menganggapnya sama karena bentuk tubuh ikan Cakalang mirip dengan tongkol maupun tuna sehingga ikan ini sulit untuk dibedakan.

Untuk mengenali Ikan Cakalang  perlu di ingat ciri-ciri umum ikan Cakalang biasanya memiliki warna yang lebih terang jika dibandingkan dengan ikan tongkol. Sementara untuk ukuran panjangnya hampir sama dengan ikan  tongkol, tetapi perbedaanya badan ikan Cakalang lebih gemuk. Selain itu pada bagian punggungnya berwarna biru keungu-unguan sampai gelap. Sedangkan soal ukuran ikan tuna ukurannya super besar bahkan untuk ukuran baby tuna bisa sebesar tongkol maupun cakalang. Sebagai gambaran bahwa Tuna dewasa beratnya mulai 35 kg hingga 350 kg.

Kebanyakan ikan cakalang maupun ikan tongkol ini lebih banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, sedangkan untuk ikan Tuna lebih sering sebagai komoditas ekspor ke mancanegara.

0 Response to "Mengenal Lebih Dekat Ikan Cakalang atau Katsuwonus Pelamis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel