Hubungan Antar Biota (Simbiosi) dilengkapi Contoh

Perikananku Id - Hallo sobat mina indonesia dimanapun anda berada kali ini kita akan membahas soal hubungan antar biota (simbiosis). Jadi, kebutuhan hewan air untuk menjalankan proses metabolisme didalam tubuhnya yaitu dengan mendapatkan asupan makanan yang sesuai kebutuhan, sedangkan untuk tumbuhan air adalah tentang bagaimana tumbuhan mendapatkan unsur hara yang sesuai untuk kelangsungan hidupnya.

Berbicara soal kebutuhan hidup biota air, sama halnya dengan manusia yang pada hakekatnya adalah makhluk sosial dalam pemenuhan kebutuhan hidup maka ini berlaku pula bagi biota air, dimana mereka akan membentuk sebuah hubungan antar biota air yang satu dengan biota air (simbiosis) yang berbeda-beda antara lain:

1) Simbiosis Parasitisme.
Pengertian Simbiosis parasitisme adalah hubungan antar biota air yang bersifat parasit atau menggunakan, memakan dan/atau menghisap cairan dari tubuh biota air lain (biasa disebut inang) untuk kelangsungan hidupnya. Biota air yang satu ini sangat merugikan untuk inangnya, contohnya ikan dengan udang yang dibudidayakan. Hubungan parasitisme diantara biota air dapat dilihat di Gambar 1.

Simbiosis Parasitisme.
Contoh: Simbiosis Parasitisme
2) Simbiosis Mutualisme.
Pengertian simbiosis mutualisme adalah hubungan antar biota air yang bersifat saling menguntungkan dengan biota air lainnya. Hubungan mutualisme pada biota air bisa sobat cermati pada Gambar 2.
Simbiosis Mutualisme
Contoh: Simbiosis Mutualisme
3) Simbiosis Komensalisme
Pengertian simbiosis komensalisme adalah hubungan antar biota air yang bersifat menguntungkan salah satu pihak saja, sedangkan biota lain tidak terpengaruh apapum (tidak diuntungkan maupun dirugikan). Hubungan komensalisme pada biota air bisa dicermati pada Gambar 3.
Simbiosis Komensalisme
Contoh: Simbiosis Komensalisme

4) Pemangsaan.
Pengertian pemangsaan adalah kondisi dimana biota air yang bersifat karnivora dengan memangsa biota air lainnya yang memiliki ukuran tubuh lebih kecil. Hubungan pemangsaan pada biota air bisa dilihat pada Gambar 4.
Contoh: Pemangsaan

0 Response to "Hubungan Antar Biota (Simbiosi) dilengkapi Contoh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel