3 CARA BUDIDAYA RUMPUT LAUT

Perikananku ID - 3 cara budidaya rumput laut. Di dalam dunia bisnis keuntungan adalah prioritas pertama dimana modal yang di tanamkan dan hasil yang di dapat kan harus lah baik dalam timbal balik nya.  selain banyak  nya permintaan dari dalam dan luar negeri manfaat  dari rumput laut sangat lah penting mulai dari bahan baku cosmetics, cat, makanan, farmasi, bahan palstik, pasta gigi dan lain lain.

Budidaya rumput laut sangat lah mudah dilakukan dimana penanaman dan pemanenan nya yang sangat mudah membuat banyak nelayan membudidayaka.

Macam macam cara budidaya rumput laut.   
1. Budidaya Rumput Laut Sistem Longline
Cara budidaya ini   biasanya jenis rumput laut yang di budidayakan adalah jenis  eucheuma cottonii dan eucheuma spinosum. Dalam metode ini menggunakan metode tali bentang   yang di ikat kan ke Ujang pelampung .di tali bentang akan di beri  tali kecil   dan akan di ikatkan bibit rumput laut  jarak bibit satu ke bibit lainnya adalah 10 cm hal ini cukup membuat rumput laut tidak berdempetan dan berebut oksigen dan plankton. Dalam menanam dan memanen nelayan atau pembudidaya biasanya hanya tinggal menarik tari bentang dan memotong rumput laut yang akan di panen.

2. Budidaya Rumput Laut Sistem Rakit apung
Dalam metode budidaya rumput laut dengan menggunakan rakit apung kurang lebih sama seperti metode longline namun pelampung di gantikan dengan rakit yang di ikatkan tali bentang dan di beri tali ris untuk mengikat bibit rumput laut.    

3.  Budidaya Rumput Laut Sistem tebar (lepas dasar)
Dalam sistem budidaya rumput laut ini biasanya yang di gunakan adalah bibit dari jenis rumput laut gracillaria dalam sistem budidaya nya biasanya dapat di barengi dengan budidaya ikan bandeng . Dimana bibit rumput laut hanya di tebar di pinggir dan bagian tengah tambak air payau. Pemanenan juga dapat di lakukan dengan jaring yang di seser ke dalam tambak .

Dalam pemilihan lokasi budidaya rumput laut harus lah memikirkan arus . Rumput laut tidak  bisa di budidayakan di daerah laut dengan ombak atau pasang surut yang tinggi, hal ini dapat menyebabkan patah nya ruas dari rumput laut karena arus yang kuat.

0 Response to "3 CARA BUDIDAYA RUMPUT LAUT"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel