PENGERTIAN ALAT TANGKAP IKAN AKTIF DAN PASIF

Perikananku Id - Hi sobat Perikanan Indonesia, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Alat penangkap ikan aktif dan pasif. Apa sih pengertian alat tangkap ikan aktif dan pasif?. Yuks disimak saja. Seperti telah dijelaskan di atas hanya ada beberapa prinsip dasar yang dapat digunakan untuk menangkap ikan, meskipun terdapat sejumlah besar variasi alat penangkap ikan yang dioperasikan diseluruh dunia.

PENGERTIAN ALAT TANGKAP IKAN AKTIF DAN PASIF
PENGERTIAN ALAT TANGKAP IKAN AKTIF DAN PASIF
Dari sekian banyak variasi ini diklasifikasikan menjadi 16 kelompok prinsip penangkapan yang berbeda, yang kemungkinannya dapat lebih disederhanakan lagi, kadang-kadang alat penangkap ikan yang sama dapat digunakan untuk dua atau lebih teknik penangkapan tanpa harus mengubah konstruksi tapi cukup mengubah teknik pengoperasiannya saja.

Dalam peraturan perikanan hanya dibagi dalam dua kategori yaitu alat yang aktif dan pasif. Pada alat tangkap yang pasif ikan harus datang dengan sendirinya, seperti dalam perangkap, gillnet, dan juga beerapa tipe penangkapa dengan pancing. Sedangkan alat yang aktif seperti draggers, trawl, cast nets, tombak, harpoon dan beberapa alat tangkap drive-in fisheries tergantung pada keahlian operatornya.

Pengelompokan ke dalam alat yang pasif dan aktif tidak ada kaitannya dengan prinsip menangkap ikan. Sebagai contoh dalam beberapa kelompok teknik penangkapan ikan terdapat satu jenis alat penangkap ikan. Harus dipahami bahwa tidak saja ukuran tapi juga keceatan penarikan dari suatu alat aktif akan mempengaruhi efisiensinya. Peningkatan ukuran dan kecepatan memerlukan tenaga ekstra untuk mengoperasikan suatu alat tangkap aktif. Berbeda dengan alat penangkap ikan bergerak dan diam.

Stasioner set line dan troll line keduanya termasuk alat pasif, keduaanya harus disukai oleh ikan dan juga merupakan teknik alat penangkap ikan pasif dengan pancing. Sebaliknya ripping hook digerakkan naik dan turun, dalam beberapa kasus alat penangkap ikan aktif, menangkap (dalam hal ini menipu ikan) secara acak dengan bentuk tertentu tali dan pancing.

0 Response to "PENGERTIAN ALAT TANGKAP IKAN AKTIF DAN PASIF"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel