Cara mengaktifkan probiotik EM4 dalam Budidaya Lele


Perikananku ID - Hallo sobat perikanan Indonesia, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang usaha budidaya ikan lele, dimana dalam usaha budidaya daya lele dikenal berbagai sistem yang salah satunya dan lagi hits saat - saat ini yaitu bubdidaya lele sistem bioflok.
Cara mengaktifkan probiotik EM4 dalam Budidaya Lele
Cara mengaktifkan probiotik EM4 dalam Budidaya Lele
Masih dekat dengan budidsaya lele dengan sistem bioflok, apa artikel ini kita akan membahas mengenai langkah cara mengaktifkan probiotik EM4 dalam budidaya lele. Berikut ini langkah - langkahnya:

1. Sediakan alat dan bahan yang dibutuhkan yaitu air hangat2 kuku 1,5 gelas.
2. Tambahkan gula pasir 1 sdm, aduk secara merata kemudian tambahkan 1 tutup botol probiotik lalu diamkan selama 2 jam.
3. Campurkan pakan lalu aduk rata dan tunggu 10 - 15 menit selanjutnya berikan ke ikan lele (dosis diatas adalah takaran probitoik untuk pakan 1 kg)

Tips budidaya ikan lele untuk penambah nafsu makan selain dari probiotik dapat juga menggunakan bahan herbal yaitu kunyit, jahe dan temulawak masing - masing 1 ruas. Kemudian kencur 5 ruas diparut lalu diblender untuk dosis pakan 1 kg. Treatment dapat di aplikasikan 3 s.d. 7 hari sekali. Hal ini bermanfaat juga untuk meningkatkan daya tahan tubuh ikan lele dalam menghadapi musim yanh ekstrim.

Untuk Treatment air dapat dilakukan dengan cara:

Isi kolam dengan ketinggian air 50 cm. Masukkan gedebog pisang dengan panjang 50 cm agar mudah untuk diambil lagi, garam, urea 300 gram/m3 (dilarutkan dengan air terlabuh dahulu sebelum di tebar ke kolam), daun pepaya di iris kecil - kecil / diblender kemudian sebarkan ke kolam, ditambahkan kohe ditaruh ke karung, masukkan ke kolam, tambahkan 1 tutup botol probiotik yang terlebih dahulu sudah diaktifkan /m3, tunggu sampai 7 hari atau sampai ada jentik2 nyamuk baru dilakukan proses penebaran benih ikan lele.

Untuk bakteri / probiotik EM4 dapat di beli di toko - toko perikanan.

0 Response to "Cara mengaktifkan probiotik EM4 dalam Budidaya Lele"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel