Bercita cita sebagai poros maritim dunia kenapa RI masih Impor ikan? Ini penjelasannya

Perikananku - Memiliki wilayah lautan yang luas ditambah sumberdaya kelautan dan perikanan yang melimpah nyatanya Insonesia masih impor ikan dari luar negeri, apa sih alasanannya?. Dijelaskan oleh Kementerian kelautan dan perikanan (KKP) melalui Sekjen KKP Syarif wijaya bahwa tren inmpor indonesia sebenarnya cenderung menurun dari tahun tahun sebelumbya. Tercatat statistik impor ikan indonesia dari tahun ke tahun mulai dari 2011 indonesia mendatangkan ikan sebanyak 431.871 ton, sedangkan di tahun 2015 impor ikan Indonesia hanya pada angka 290.072 ton yang artinya terjadi penurunan hingga hampir setengahnya. Karena memang pemerintah mengupayakan swasembada pangan termasuk di sektor perikanan, sehingga angka impor terus ditekan bahkan nantinya di harapkan tidak perlu impor lagi.

Bercita cita sebagai poros maritim dunia kenapa RI masih Impor ikan? Ini penjelasannya

Terus kenapa impor masih di lakukan padahal produksi ikan dalam negeri katanya melimpah?. Ini karena adanya kekurangan pasokan bahan baku yang di alami oleh industri industri, jadi bukan untuk kebutuhan konsumsi sehari hari. Itupun hanya ikan jenis jenis tertentu saja yang beberapa tidak ada di indonesia seperti salmon yang sangat di butuhkan oleh industri industri pengolahan kan dari mulai pengalengan, pemindangan ataupun yang lainnya yang memang membutuhkan bahan baku secara cepat sedangkan musim di indonesia ikan yang dibutuhkan belum masuk musim mrlimpahnya sehingga mau tidak mau harus impor.

Yang perlu sebagai catatan bahwasannya memang masih ada impor tetapi tren untuk tahun ini pun cenderung menurun dibandingkan pada kuartal yang sama pada tahun sebelumnya.
Ya harapan kita semoga Indonesia semakin berdikari terutama soal pangan termasuk komoditas perikanan

0 Response to "Bercita cita sebagai poros maritim dunia kenapa RI masih Impor ikan? Ini penjelasannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel