Minapadi, Konsep perkawinan perikanan dan pertanian yang menjanjikan


Perikananku - Sudah peada tahu belum soal Mina padi? Atau mungkin mina tani?, dari kata katanya kalian pasti sudah bisa menebak dong sob itu apa. Ya dari kata mina itu identik dengan kegiatan perikanan sedangkan padi itu dari pertanian. Kalau biasanya kita mengenal budidaya dengan beberapa komoditas atau polikultur kalau mina padi ini semacam polikultur tetapi lintas komoditas, atau mungkin bisa kita bilang perkawinan perikanan dan pertanian. Metode atau desain mina padi ini ada berbagai macam sob, ada yang kolam ikannya mengelilingi lahan padi ada juga yang ditengah tegantung inovasi dari masing masing orang yang intinya padi dan ikan bersanding bersama pada satu lahan yang sama.

Diberbagai daerah konsep ini banyak di galakan oleh dinas dinas terkait salah satunya di banyuwangi. Bukan tanpa sebab, nyatanya hal ini akan mendatangkan peruntungan yag lebih baik bagi para petani. Sebagai mana yang ada di banyuwangi kalau biasanya lahan 1 hektare dengan hasil padi 7 ton biasanya laba bersih yang di dapatkan petani berada di angka 10 juta dengan konsep mina padi ini labanya bertambah menjadi sekitar 15 juta atau 1,5X nya, lumayan bukan?.  Hal ini karena petani bukan cuma dapat dari hasil pertanian melainkan juga ada dari perikanan. 

Konsep mina padi ini bisa dibilang menggunakan prinsip simbiosis mutualisme, dimana ikan yang di pelihara dapat suplay makanan dari hama padi sedangkan padi mendapatkan pupuk alami dari kotoran ikan. Hal ini akan membuat ongkos produksi baik komoditas perikanannya ataupun pertaniannya dapat ditekan sedangkan hasilnya akan bertambah, jadi di tilik dari segi ekonomi ini menguntungkan dan memilik prospek yang bagus.

Banyuwangi saja mencatak produksi ikan dari mina padi mencapai Rp. 1 miliar, ini adalah evaluasi dari tahun 2015 lalu yang kemungkinan tahun ini akan terua meningkat karena memang program ini sedang di galakkan hingga tahun 2020 nanti. Bagaiman mana sob? Ada yang tertari mencoba konsep minapadi?


Silahkan tuliskan pendapat kalian di kolom komentar yah, dan kalau merasa ini bermanfaat silahkan bantu bagikan. Terimakasih

0 Response to "Minapadi, Konsep perkawinan perikanan dan pertanian yang menjanjikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel