CIRI - CIRI IKAN SEGAR DAN CIRI - CIRI IKAN YANG MULAI MEMBUSUK

Perikananku ID - Proses perubahan pada ikan setelah ikan itu ditangkap dilaut atau di panen dari kolam setelah berlangsung relatif cepat sehingga perlu penanganan ikan pascapanen yang baik dan cepat serta higienis agar ikan dapat dipertahankan dalam mutu terbaik dalam durasi waktu yang lebih panjang.
ciri - ciri ikan segar dan ikan yang mulai busuk
ciri - ciri ikan segar dan ikan yang mulai busuk
Mempertahankan kesegaran ikan sampai ke tangan konsumen memang sangat sulit, hal ini karena ikan merupakan komoditi yang sangat mudah busuk. Ikan akan mulai mengalami proses pembusukan sejak pertama kali ikan itu ditangkap.

Adapun yang dimaksud dengan ikan segar adalah ikan yang masih memiliki sifat sama seperti ikan hidup, baik dari segi rupa, bau, rasa maupun teksturnya. Dengan kata lain, ikan segar adalah:

1) Ikan yang haru saja ditangkap dan belum mengalami proses pengawetan maupun pengolahan lebih lanjut.

2) Ikan yang belum mengalami perubahan fisik maupun kimiawi atau yang masih mempunyai sifat sama seperti ketika ditangkap.

Sesungguhnya tidak terlalu sulit untuk membedakan antara ikan segar dan ikan yang mulai membusuk. Ciri-ciri ikan segar dan ikan yang mulai membusuk dapat dilihat pada tabel dibawah ini:

CIRI - CIRI IKAN SEGAR DAN CIRI - CIRI IKAN YANG MULAI MEMBUSUK
Ciri - ciri utama ikan segar dan ikan yang mulai busuk
Pengenalan ikan segar secara sederhana melalui visual dikenal dengan istilah uji organoleptik ikan segar. Jadi sudah tahu dong yah sekarang ciri - ciri ikan segar itu seperti apa dan ciri - ciri ikan yang mulai membusuk itu seperti apa?, dengan memahami ciri - ciri diatas anda bisa mendapatkan ikan dengan mutu terbaik saat belanja ikan ke pasar loh sob. Semoga bermanfaat.

0 Response to "CIRI - CIRI IKAN SEGAR DAN CIRI - CIRI IKAN YANG MULAI MEMBUSUK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel