Alat penangkap ikan aktif dan pasif

Perikananku ID - Alat penangkap ikan aktif dan pasif. Ada beberapa prinsip dasar yang digunakan dalam menangkap ikan, walaupun terdapat sejumlah besar variasi dan modifikasi alat penangkap ikan yang dioperasikan diseluruh penjuru dunia. Dari sekian banyaknya variasi alat tangkap tersebut diklasifikasikan menjadi 16 kelompok prinsip penangkapan ikan yang berbeda, yang kemungkinannya dapat lebih disederhanakan lagi, terkadang alat penangkap ikan yang sama bisa digunakan untuk dua atau lebih teknik penangkapan ikan tanpa harus merubah konstruksi alat tangkapnya tetapi cukup merubah teknik pengoperasian alat tangkapnya saja. 
Alat penangkap ikan aktif dan pasif
Alat penangkap ikan aktif dan pasif 
Pengertian Alat Tangkap Ikan Pasif dan Aktif. Dalam peraturan perikanan sendiri alat tangkap ikan hanya golongkan dalam dua kategori saja yaitu alat yang aktif dan pasif. Pada alat tangkap pasif ikan harus datang dengan sendirinya menuju alat tangkap, contoh alat tangkap pasi misalnya perangkap, gillnet, serta beberapa tipe penangkapan ikan dengan pancing. Sedangkan alat tangkap aktif adalah alat tangkap yang pengoperasiannya aktif memburu ikan target, contoh alat tangkap ikan aktif misalnya draggers, trawl, cast nets, tombak, harpoon serta beberapa alat tangkap drive-in fisheries yang tergantung pada keahlian operatornya. 

Pengelompokan jenis alat tangkap ikan ke dalam alat tangkap ikan pasif dan aktif ini tidak ada kaitannya deengan prinsip menangkap. Sebagai contoh dalam beberapa kelompok teknik penangkapan ikan terdapat satu jenis alat penangkap ikan. perlu dipahami bahwa tidak saja ukuran tetapi juga kecepatan dari penarikan suatu alat tangkap aktif akan turut mempengaruhi efisiensinyadalam menangkap ikan. Peningkatan ukuran dan kecepatan alat tangkap ikan aktif ini memerlukan tenaga ekstra dalam mengoperasikannya.

Berbeda halnya dengan alat penangkap ikan bergerak dan diam. Alat tangkap Stasioner set line dan troll line keduanya merupakan jenis alat tangkap pasif, kedua alat tangkap ini harus disukai oleh ikan serta merupakan teknik alat penangkap ikan pasif dengan pancing. Sebaliknya alat tangkap ripping hook ini digerakkan secara naik dan turun, dimana pada beberapa kasus jenis alat penangkap ikan aktif, menangkap ikan (dalam hal ini menipu ikan) secara acak dengan tali dan pancing berbentuk tertentu bisa menyerupai binatang atau ikan kecil atau yang lainnya (umpan buatan). 

0 Response to "Alat penangkap ikan aktif dan pasif "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel