TIPS MEMILIH IKAN SEGAR, KAMU WAJIB TAU

Perikananku ID - Sebagai bahan makanan ikan memiliki karakteristik yang unik dan tidak bisa digantikan oleh bahan makanan lainnya terutama soal rasanya. Tetapi selain rasa, kandungan gizi ikan juga sangat kaya dan bermanfaat bagi tubuh guys. Tentunya tau dong semboyan orang perikanan yang satu ini "Sehat makan ikan, Pintar makan ikan", hal ini benar loh karena selain kaya protein sebagian besar ikan juga kaya akan omega-3 yang bagus untuk otak terutama pada anak dalam masa pertumbuhan.

Cara memilih ikan segar dengan uji organoleptik sederhana
Cara memilih ikan segar dengan uji organoleptik sederhana
Namun apa jadinya jika ikan yang kamu makan tidak segar?, tentunya selain mundur mutu dan kandungan gizi mengkonsumsi ikan tidak segar juga dapat berbahaya bagi tubuh loh apalagi untuk kamu yang memiliki alergi tertentu. Untuk itulah kamu perlu tahu mengenai ciri - ciri ikan segar itu seperti, ikan yang baik dan layak konsumsi itu seperti apa?.

Tenang saja pertanyaan tersebut akan terjawab disini karena kita akan mengungkap cara memilih ikan segar dalam artikel "Tips Memilih Ikan Segar", cara ini biasa disebut uji organoleptik. Tetapi disini akan dijelaskan metode yang simpel dan bisa dilakukan di pasar sekalipun untuk menentukan kesegaran ikan. Yuk disimak

1. Ikan Utuh dan Fillet
Pertama kita akan membahas tentang ciri - ciri ikan utuh dan fillet yang segar dan baik, ada beberapa bagian yang perlu sobat perhatikan dan cek disini:

- Insang
Pada ikan segar warna insang merah segar dan cenderung merah muda. Biasanya insang tertutup lendir tetapi berwarna jernih.

- Mata
Pada ikan segar mata terang dan jernih serta cenderung cembung atau tidak penyok kedalam.

- Sisik dan Kulit
Pada ikan segar sisik ikan berkilau, terang dan bersih. Sedangkan untuk ikan yang tidak memiliki sisik juga memiliki ciri - ciri kesegaran ikan yaitu kulitnya kencang dan lekat dengan daging ikannya.

- Daging
Pada ikan segar daging ikan memiliki warna yang terang dan kokoh serta apabila ditekan terasa kenyal kemudian kembali ke bentuk asalnya.

2. Udang
Ciri - ciri udang segar dapat dikenali dengan mengamati seluruh bagian - bagian tubuh udang mulai dari kepala udang yang masih menempel kuat, warna tegas, kulit udang tidak licin dan tidak terdapat bintik - bintik hitam. Pilihlah udang yang bentuknya utuh.

3. Kerang
Ciri - ciri kerang segar dapat dikenali dari cangkangnya, pada kerang hidup biasanya cangkangnya masih terbuka kemudian jika diketuk cangkang akan menutup rapat. Pilihalah kerang yang masih hidup.

4. Cumi - Cumi
Ciri - ciri cumi - cumi segar dapat dikenali dengan cara memilih cumi yang matanya bening dan kepala masih lekat dibadannya. Ciri lain cumi segar adalah tidak ada aroma busuk ataupun bau anyir.

5. Kepiting
Ciri - ciri kepiting segar dapat dikenali dari anggota tubuhnya yang masih utuh dan lengkap atau tidak ada yang patah. Pilihlah kepiting yang masih hidup.

Jadi sudah tau dong cara memilih ikan segar setelah membaca ciri - ciri ikan segar dari tips memilih ikan segar ini?. 

0 Response to "TIPS MEMILIH IKAN SEGAR, KAMU WAJIB TAU"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel