HUBUNGAN HUTAN MANGROVE DAN PERIKANAN

Perikananku ID - Hi sobat perikanan Indonesia ada kesempatan kali ini mimin akan membahas tentang Hubungan Hutan Mangrove dengan Perikanan. Hutan mangrove memberikan masukan yang besar bagi dunia perikanan baik secara langsung maupun tidak langsung.

HUBUNGAN HUTAN MANGROVE DAN PERIKANAN
Hubungan Hutan Mangrove dengan Perikanan
Manfaat Hutan mangrove di bidang perikanan ada berbagai macam mulai dari memberikan masukan unsur hara ke ekosistem air, sebagai tempat berlindung dan tempat asuhan bagi anak-anak ikan (nursery ground), tempat ikan mencari makan (feeding ground), tempat kawin atau pemijahan ikan (spawnig ground), dan lain-lain.
Sumber makanan utama bagi organisme air yang ada di daerah mangrove adalah detritus atau partikel bahan organik yang dihasilkan oleh proses dekomposisi serasah mangrove seperti daun mangrove, ranting dan juga bunga.

Selama berlangsungnya proses dekomposisi, serasah dari mangrove akan berangsur-angsur naik kadar proteinnya serta berfungsi sebagai sumber makanan untuk berbagai deposit feeder (organisme pemakan deposit) seperti kepiting, moluska, serta jenis cacing polychaeta.

Konsumen primer inilah yang menjadi sumber makanan bagi konsumen tingkat dua, yang biasanya didominasi oleh jenis ikan-ikan buas yang berukuran kecil kemudian dimakan oleh juvenil ikan - ikan predator besar yang menjadi konsumen tingkat tiga pada ekosistem mangrove.

Hutan mangrove memiliki peranan penting dalam penyediaan habitat bagi aneka ragam jenis-jenis komoditas penting dibidang perikanan baik itu dalam keseluruhan maupun sebagian saja dari siklus hidupnya.

Nah itu dia Hubungan Hutan Mangrove dengan dunia perikanan, lebih jauh manfaat dan fungsi hutan mangrove lainya masih sangat banyak mulai dari sumber bahan makanan, sebagai pewarna untuk batik, hingga menjadi obyek wisata mangrove sebagai sarana rekreasi maupun sarana mengedukasi masyarakat (ekowisata mangrove).
Baca juga kisah sukses masyarakat brebes membentuk ekowisata mangrove pandansari di artikel yang berjudul Kisah Sukses Ekowisata Mangrove Pandansari, Kaliwlingi Brebes ini

0 Response to "HUBUNGAN HUTAN MANGROVE DAN PERIKANAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel