2 Cara Membedakan Jenis Kelamin Ikan Koi

Perikananku ID - Ikan koi merupakan kerabat kerabat dekat dari ikan mas oleh sebab itu di Indonesia banyak orang yang menyebutnya ikan mas koi. Jika ingin mengetahui tentang ikan mas koi lebih jauh bisa baca artikel sebelumnya tentang Mengenal Ikan Koi, karena yang akan dibahas dalam artikel kali ini adalah Bagaimana cara membedakan jenis kelamin ikan koi?
2 Cara Membedakan Jenis Kelamin Ikan Koi
2 Cara Membedakan Jenis Kelamin Ikan Koi
Ada 2 cara memnedakan ikan koi jantan dan ikan koi betina, antara lain:

1. Bentuk Badan

Hal pertama yang dapat sobat amati untuk membedakan koi jantan dan koi betina adalah perhatikan bentuk badan ikan (body conformation) ikan koi. Ikan Koi Jantan dan betina memiliki perbedaan yang signigikan pada bentuk badannya, dimana bentuk badan Koi jantan cenderung panjang dan kurus sedangkan sebaliknya Koi Betina memiliki bentuk badan yang lebih tambun dan lebih bulat.

Selain itu bentuk tubuh koi betina biasanya lebih bagus jika dibandingkan dengan bentuk koi jantan. Karena alasan tersebut pulalah banyak penggemar koi lebih memilih koi betina untuk dipelihara dibandingkan koi jantan. Tidak jauh berbeda dengan kecenderungan orang memelihara koi betina, dalam beberapa kontes koi, jenis koi betina lebih sering menjadi juara karena bentuk badannya yang lebih bagus. Meski demikian ada pula koi jantan yang memiliki bentuk tubuh yang bagus juga loh ya sob.

2. Sirip Ikan Koi

Cara membedakan jenis kelamin ikan mas koi selanjutnya adalah melalui siripnya. Ikan koi jantan dan betina memiliki perbedaan pada bagian siripnya. Pada umumnya sirip Koi betina cenderung berukuran lebih besar tetapi mempunyai warna yang lebih sedikit. Sedangkan pada koi betina siripnya cenderung memiliki bentuk yang bulat. Pada sirip ikan koi jantan bentuknya runcing di bagian tepinya dan memiliki warna yang solid.

Selain di bagian-bagian tersebut, kita juga dapat membedakan jenis kelamin dari ikan koi dengan meraba bagian pipi dan siripnya dimana pada Koi Jantan terdapat bintik-bintik pada bagian pipi dan siripnya yang bisa dirasakan jika sobat raba, terutama pada ikan koi jantan dewasa dan mature.

0 Response to "2 Cara Membedakan Jenis Kelamin Ikan Koi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel