Pemijahan ikan Nemo atau ikan clownfish

Perikananku ID - Hi sobat perikanan Indonesia, atda yang tau ikan nemo tidak ya? Atau mungkin ikan clownfish? Atau ikan badut?, nah kalau masih belum tau, mungkin pernah nonton film "finding nemo", nah pada artikel kali ini kita akan membahas si mungil nan lucu ini dalam artikel "Pemijahan ikan Nemo atau ikan clownfish" ini.
Pemijahan ikan Nemo atau ikan clownfish
Gambar Ikan Nemo dan Anemon Laut
Ikan clownfish atau yang kita biasa sebut adalah ikan Nemo adalah ikan hias yang hidup di air laut / air asin. Jenis ikan hias laut ini cukup primadona di kalangan ikan hias air laut. Selain corak dan warna budulidaya nya pun terkesan mudah berikut adalah cara membudidayakan nikan Nemo atau clownfish .              

Klasifikasi Ikan Nemo Clownfish
Kingdom : Animalia
Filum :  Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Perciformes
Family : Pomacentridae
Subfamily : Amphiprioninae

Didalam hidup dan budidaya ikan Nemo biasanya bersimbiosis dengan Anemon laut sebagai tempat tinggal nya. 

Cara pemijahan ikan clownfish.

Ikan clownfish Yang telah berumur lima sampai dengan enam bulan akan di tempat kan di aquarium yang sudah di kondisi kan seperti lingkungan asli hidup nya seperti membutuhkan tempat berlindung. Selanjutnya ikan clownfish yang akan di pijahkan  akan di tempat   kan campur jantan dan betina dengan perbandingan 1: 2 dapat di masukan sampai dengan 6 ekor ikan di dalam akuarim. Ikan clownfish jantan akan memilih sendiri pasangan yang akan iya pijahkan di buktikan dengan ikan yang saling berkejaran.  Setelah itu pisahkan ikan yang telah berpasangan ke aquarium yang baru dan hanya 2 ekor ikan saja .

Dalam proses pemijahan nya ikan clownfish akan mengeluarkan telur nya yang akan menempel di tempat yang telah kita sediakan atau substrat di dalam aquarium. Dan selama 10 hari telur telur tersebut akan menetas. Dalam sekali pemijahan ikan Nemo dapat menetaskan sampai dengan 300 ekor ikan Nemo. 

Cara Pemeliharaan ikan Nemo

Setelah pemijahan berhasil dan telur telah menetas di butuh kan waktu kurang lebih 4 hari agar ikan dapat di pindahkan . Dalam 100 liter air dapat di tempat kan 300 sampai dengan 450 ekor benih ikan Nemo. 

Pemberian makan pada benih ikan Nemo berupah pakan alami seperti artemia, branchionus, cepopoda dan lainnya dapat juga di beli pakan pellet dengan ukuran Powder paling halus . Masa pemeliharaan ini berlangsung sampai dengan 1 bulan lamanya sampai benih ikan menjadi ikan Nemo yang mandiri .

Ikan nemo sendiri masuk dalam daftar ikan hias primadona para pecinta ikan hias, sehingga prospek budidaya ikan nemo ini menjanjikan mengingat harga ikan nemo clownfish dipasaran terbilang bagus.

0 Response to "Pemijahan ikan Nemo atau ikan clownfish"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel