Apa Itu Penyu


Perikananku ID - Hi sobat perikanan indonesia dalam artikel tentang Apa Itu Penyu kali ini kita akan membahas tentang berbagai hal tentang penyu dari mulai sejarah penyu, siklus hidup penyu, karakteristik penyu, jenis - jenis penyu di dunia dan di Indonesia serta status penyu saat ini.
Apa Itu Penyu
Apa Itu Penyu
Penyu adalah jenis reptil bercangkang keras, penyu sudah hidup sejak 179 juta tahun lalu. Hewan air yang satu ini mirip dengan kura-kura. Adapun dari semua penyu yang menetas, nantinya hanya 1-3 penyu saja yang berhasil hidup sampai dewasa. Karena alasan ini pula lah, sebagian dari jenis penyu di lindungi keberadaanya.

Seperti disebut sebelunya, penyu mirip kura-kura atau bisa juga disebut kura-kura laut. Penyu dapat ditemukan di semua samudra di dunia. Berdasarkan data dari para ilmuwan, penyu sudah ada sejak akhir zaman Jura (atau sekitar 145 - 208 juta tahun yang lalu) bisa dibilang hewan purba ya karena seusia dengan dinosaurus. Di masa itu Archelon, yang memliki ukuran panjang badan enam meter dan Cimochelys sudah berenang di laut purba seperti halnya penyu masa kini.

Penyu memiliki sepasang tungkai depan berupa kaki pendayung yang berfungsi untuk berenang di dalam air. Walaupun hampir seumur hidupnya dihabiskan di dalam air, sesekali hewan yang masuk dalam kelompok vertebrata dan kelas reptilia ini tetap harus naik ke permukaan air untuk mengambil napas. Hal ini karena penyu bernapas dengan menggunakan paru-paru bukan insang seperti layaknya ikan yang hidup di air. Penyu pada umumnya melakukan migrasi dengan jarak yang cukup jauh dan dengan waktu yang tidak terlalu lama. Untuk menempuh jarak 3.000 kilometer, penyu dapat menempuhnya dalam 58 - 73 hari.

Berikut ini beberapa karakteristik penyu:

1. Hidup di Laut

Perbedaan penyu dan kura-kura terletak pada bagian kaki. Kaki penyu dan kura-kura berbeda, sebab mereka hidup di habitat yang berbeda. Jika kura-kura hidup di darat, penyu hidup di laut. Setidaknya ada tujuh jenis penyu di duni yakni penyu tempayan, penyu belimbing, penyu hijau, penyu sisik, penyu pipih, penyu lekang, dan penyu camp’s ridley. Semua penyu tersebu dapat ditemukan di perairan Indonesia, kecuali jenis penyu camp’s ridley.

2. Betina Naik ke Darat

Ada fakta menarik tentang penyu, dimana penyu yang naik ke darat hanyalah penyu betina, sedangkan jenis penyu jantan tidak pernah naik ke darat. Penyu betina naik ke darat untuk bertelur dan menyimpannya di dalam pasir pantai. Setelah itu, penyu betina akan kembali lagi ke laut dan membiarkan telurnya di dalam pasir hingga menetas.

Jenis - jenis Penyu

Di dunia saat ini hanya ada 7 jenis penyuyang masih bertahan, yaitu:

1. Penyu hijau (Chelonia mydas)
2. Penyu sisik (Eretmochelys imbricata)
3. Penyu Kemp’s ridley (Lepidochelys kempi)
4. Penyu lekang (Lepidochelys olivacea)
5. Penyu belimbing (Dermochelys coriacea)
6. Penyu pipih (Natator depressus)
7. Penyu tempayan (Caretta caretta)

Dari ke tujuh jenis penyu ini, hanya jenis penyu Kemp’s ridley saja yang tidak pernah tercatat ditemukan di perairan Indonesia.

Dari semua jenis-jenis penyu tersebut, penyu belimbing merupakan penyu terbesar di dunia dengan ukuran panjang badan mencapai 2,75 meter dengan bobot hingga 600 - 900 kilogram. Selain yang terbesar ada jenis penyu terkecil di dunia yaitu penyu lekang. Penyu ini disebut yang terkecil, karena hanya dapat mencapai bobot sekitar 50 kilogram. Meski demikin, jenis penyu yang paling sering ditemukan adalah penyu hijau, bukan penyu belimbing atau penyu lekang.

Penyu, utamanya penyu hijau adalah jenis hewan pemakan tumbuhan yang sesekali juga memangsa beberapa hewan kecil.

Keberadaan Penyu Terancam

Keberadaan penyu di dunia terancam eksistensinya. Alasanya adalah bahwa dari banyaknya telur yang di hasilkan oleh penyu betina hanya beberapa saja yang akan menetas. Sebab, selama berada di dalam pasir telur-telur tersebut sudah terancam oleh berbagai macam hal mulai dari manusia, biawak, maupun reptil dan pemangsa lainnya. Tidak sampai disitu saja, bahkan dari semua penyu yang berhasil menetas dari telur hanya 1-3 penyu yang akan berhasil hidup sampai dewasa.

0 Response to "Apa Itu Penyu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel