IKAN BELIDA

Perikananku ID - Hi sobat perikanan indonesia, pada artikel perikanan kali ini kita akan membahas secara tuntang tentang Ikan Beli mulai dari klafisikasi ikan belida, morfologi ikan belida, habitat dan penyebaran ikan belida, jenis makanan ikan belida, cara berkembang biak ikan belida, dan keberadaan ikan belida saat ini.

Tahu pempek palembang? Nah dulunya ikan belida adalah bahan utama pempek palembang loh. Ikan belida merupakan salah satu jenis ikan sungai yang termasuk dalam golongan famili Notopteridae (ikan yang memiliki punggung seperti pisau).

Ikan ini dapat ditemukan di wilayah perairan Sumatra, Kalimantan, Jawa, dan Semenanjung Malaya. Bagi masyarakat Palembang, ikan ini biasa digunakan untuk bahan baku kerupuk khas Palembang, yaitu kemplang yang sekarang diganti dengan ikan tenggiri.

Selain itu, karena tampilannya yang unik, tidak jarang ikan ini dijadikan sebagai ikan hias yang dipajang di akuarium air tawar, walaupun ukurannya relatif besar untuk ukuran ikan hias akuarium.

Klasifikasi Ikan Belida
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Osteoglossiformes
Famili : Notopteridae
Genus : Chitala
Spesies : Chitala lopis

Bahkan, pembuatan pempek pun menggunakan ikan ini, namun Ikan belida memiliki ukuran yang sedang, panjang maksimum ikan belida biasanya mencapai 100 cm dengan berat rata-rata sekitar 0,5-4 kg.

Badan ikan ini berbentuk pipih dengan kepala berukuran kecil dan tengkuknya terlihat membungkuk. Ikan ini juga memiliki sisik kecil-kecil dengan rahang yang semakin panjang sesuai dengan meningkatnya umur ikan.

Bentuk tubuh ikan belida sebenarnya tidak lazim. Jika ikan lainnya memiliki sirip ekor di bagian belakang tubuhnya maka ikan belida ini hanya memiliki sehelai ekor yang melambai-lambai sesuai dengan gerakan tubuhnya.

Keanehan lainnya berada pada matanya, tatapan mata ikan belida seakan kosong. Hal tersebut terjadi karena matanya cenderung reflektif dan menampilkan cahaya balik dari sumber cahaya di sekitarnya.

Habitat dan Penyebaran Ikan Belida
Ikan belida merupakan ikan air tawar yang hidup di sungai-sungai besar dan di daerah yang sering tergenang banjir. Ikan ini dapat berkembang pada tempat-tempat dengan kedalaman kurang dari 30 meter dari permukaan laut. Di Indonesia sebarannya meliputi Pulau Sumatra, Kalimantan, dan Jawa.

Jenis Makanan Ikan Belidan
Ikan belida termasuk ke dalam jenis ikan nokturnal, yaitu aktif pada malam hari, sedangkan pada siang hari, ikan ini biasanya bersembunyi. Selain itu, ikan ini juga termasuk ikan predator atau pemangsa. Makanannya berupa anak-anak ikan dan udang, bahkan terkadang ikan belida dapat memangsa ikan yang lebih besar. Ikan ini termasuk jenis ikan karnivora.

Cara Berkembang Biak Ikan Belida
Ikan belida dapat berkembang biak secara alami maupun buatan. Perkembangbiakan secara alami terjadi di perairan umum menjelang musim penghujan. Saat air meluap, ikan belida naik ke rawa-rawa untuk berbiak dan melepaskan telurnya di sana. Ikan belida jantan biasanya akan membuat sarang yang terbuat dari ranting dan daun. Selain itu, ikan belida jantan juga
akan menjaga telur dan anak-anaknya.

Keberadaan Ikan Belida Saat Ini
Ikan belida memiliki potensi ekonomi yang cukup tinggi, namun keberadaannya terancam punah. Oleh karena itu, berbagai lembaga penelitian terus berupaya untuk menyusun teknologi budidaya ikan belida. Sampai tahun 2005, Balai Budidaya Air Tawar Mandiangin yang terletak di Kalimantan Selatan telah mencoba membudidayakan, menangkar, serta memperbanyak benih ikan belida.

0 Response to "IKAN BELIDA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel