Pengertian Ikan Lele

Perikananku ID - Pengertian Ikan Lele. Suatu jenis ikan yang hidup di perairan tawar yang tenang, seperti danau dan rawa-rawa, atau genangan-genangan kecil, misalnya kolam, yang mudah dikenali karena bagian tubuhnya yang licin dan agak memanjang. Terdapat "kumis" yang panjang dan tumbuh disekitar mulut ikan. Sebagaimana ikan lele adalah jenis ikan tawar, maka jenis ikan ini tidak akan pernah ditemukan di air payau atau air asin, kecuali lele laut yang tergolong ke dalam marga dan suku yang berbeda (Ariidae).
Pengertian Ikan Lele
Pengertian Ikan Lele
Habitat ikan lele adalah di sungai dengan arus air yang perlahan, rawa, telaga, waduk, sawah yang tergenang air. Bahkan ikan lele bisa hidup pada air yang tercemar, misalkan di got-got atau selokan - selokan pembuangan.

Ikan lele adalah jenis ikan yang tergolong dalam marga Clarias dikenali dari tubuhnya yang licin memanjang tak bersisik, dengan sirip punggung dan sirip anus yang juga panjang, yang kadang-kadang menyatu dengan sirip ekor, menjadikannya nampak seperti sidat yang pendek. Kepalanya keras menulang di bagian atas, dengan mata yang kecil dan mulut lebar yang terletak di ujung moncong, dilengkapi dengan empat
pasang sungut peraba (barbels) yang amat berguna untuk bergerak di air yang gelap.

Lele juga memiliki alat pernapasan tambahan berupa modifikasi dari busur insangnya. Terdapat sepasang patil, yakni duri tulang yang tajam, pada sirip-sirip dadanya. Patil ini tidak hanya tajam
tapi juga beracun dan mengakibatkan panas tinggi jika orang tak sengaja lerkena patil tersebut ikan lele mempunyai sifat 'nokturnal", yaitu aktif bergerak mencari makanan pada malam hari. Pada siang hari, ikarı lele cenderung berdiam diri dan berlindung di tempat-tempat yang gelap. Di alam, ikan lele memijah pada musim penghujan. Walaupun biasanya lele lebih kecil dari pada gurami pada umumnya, namun ada beberapa jenis lele yang bisa mencapai panjang 1-1,5 m dan beratnya bisa mencapai lebih dari 2 kg, contohnya adalah "lele Wels" dari Amerika.

Di Indonesia, jenis ikan ini mempunyai beberapa nama daerah, misalnya di Jawa disebut dengan "lele", di Sumatra ikan "kalang", di Kalimantan "pintet, can di Makasar ikan "keling (keli)". Dalam dunia perdagangan dan peikanan, ikan lele lebih dikenal denga julukan "cat fish".

Pada ikan ini, di bagian kepalanya ditemukan empat pasang sungut; badannya yang memanjang dengan warna gelap di bagian punggung dan warna lebih muda di bagian perut; pada sirip dadanya terdapat duri keras dan tajam yang disebut cengan "patil", yakni yang berguna untuk mempertahankan diri dari serangan luar. Patil ini mengandung racun. Pada sisi lain, warna tubuhnya hijau kehitaman, hitam agak kelabu, atau merahkan lele berkembang biak dengan bertelur. Mula-mula, ikan yang berlainan jenis berenang berpasangan sambil mencari sarang. Pelepasan telur dari induk betina diikuti dengan pelepasan sperma oleh induk jantan, lalu terjadi pembuahan di dalam air (pembuahan eksternal).

Telur yang terbuahi akan menetas dalam waktu 20 jam. Induk betina berjaga di sarang sampai anak-anak lele (burayak) mandiri, sedangkan induk jantan langsung pergi setelah pernijahan. Seekor betina dapat menghasilkan 1.000 - 4.000 butir telur setiap kali memijah.

0 Response to "Pengertian Ikan Lele"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel