10 Jenis Fishing Methods Menurut Kamakichi Kishinouye

Perikananku ID - Banyak ahli yang memberikan pendapat terkait klasifikasi alat penangkapan ikan atau jeni-jenis metode penangkapan ikan salah satunya Kamakichi Kishinouye yang membagi klaaifikasi alat tangkap ke dalam 10 jenis metode penangkapan ikan. Kenapa ini penting?, karena setiap cara penangkapan ikan memiliki perbedaan mendasar dari cara pengoperasian alat tangkap ikan nya, desain alat tangkap ikan nya, maupun bahan dan alat tangkap yang digunakan hingga target hasil tangkapn nya sehingga dianggap perlu untuk dilakukan penggolongan.

Ada beberapa cara penjenisan fishing methods. Hal ini disebabkan cara pandang yang berbeda, tujuan, dan juga kondisi perairan dan perikanan setempat memberikan pengaruh. Di sini kita kutipkan beberapa penjenisan metode penangkapan ikan yang satu sama lainnya terdapat keuntungan dan kerugianya, dan juga belum dapat dikatakan mana yang lebih sesuai untuk digunakan di Indonesia.
Untuk itulah artikel "10 Jenis Fishing Methods Menurut Kamakichi Kishinouye" ini dibuat untuk memberikan info perikanan terkait jenis-jenis alat tangkap ikan.

Kamakichi Kishinouye (1902) membagi fishing methods pada 10 metode penangkapan ikan, antara lain yaitu:
1. Memaksakan ikan dengan sesuatu kecepatan untuk memasuki daerah
alat penangkapan dengan cara menghadang arus air dari sisi kanan dan kiri; penghadang semakin lama, semakin menyempit sehingga arus mencapai suatu kecepatan yang takmampu lagi dilawan ikan. dengan demikian ikan secara terpaksa masuk ke dalam alat tangkap misalnya jermal, cakalak (Sumatera Barat).
2. Menghadang arah renang ikan.
3. Menggiring lalu menyesatkan ke alat tangkap, misalnya leader net pada set net, penaju pada sero.
4. Mengusahakan ikan masuk ke alat penangkap dengan mudah, namun mempersulit keluar, kemudian mengurungnya misalnya pada alat tangkap bubu
5. Menggarit, menggarut, menggaruk, misalnya menggaruk kekerangan, tiram, semping dari dalam pasir ataupun lumpur.
6. Menjerat pada bagian insang (gilled).
7. Terkait dan tidak terlepas lagi (pancing).
8. Mencemarkan keadaan lingkukngan hidup ikan, misalnya dengan mengeruhkan air.
9. Membelit atau terpuntal(entangled), dan
10. Menjepit lalu menangkap.

Selain 10 Jenis Fishing Methods Menurut Kamakichi Kishinouye, ada beberapa ahli bidang penangkapan ikan lainnya yang memeberikan pendapat tentang jenis-jenis alat penangkapan ikan dan klasifikasi alat penangkap ikannya.

1 Response to "10 Jenis Fishing Methods Menurut Kamakichi Kishinouye"

  1. ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000
    dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
    segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel