JENIS - JENIS IKAN LELE

Perikananku ID - Jenis Ikan Lele. Banyak jenis lele yang merupakan ikan yang banyak digemari orang untuk dikonsumsi. Sebagian jenis lele telah dibiakkan orang, namun kebanyakan spesiesnya ditangkap dari populasi liar di alam. Seperti contoh, "lele dumbo" yang populer sebagai ikan ternak, sebetulnya adalah jenis asing yang didatangkan dari Afrika.
JENIS - JENIS IKAN LELE
Lele dikembangbiakkan di Indonesia untuk dikonsumsi dan juga untuk menjaga kualitas air yang tercemar. Seringkali lele ditaruh di tempat-tempat yang tercemar karena bisa menghilangkan kotoran-kotoran.

Lele yang ditaruh di tempat-tempat yang kotor harus diberok terlebih dahulu sebelum siap untuk dikonsumsi. Diberok itu ialah maksudnya dipelihara pada air yang mengalir selama beberapa hari dengan maksud untuk membersihkannya.

Kadangkala lele juga ditaruh di sawah karena memakan hama-hama yang berada di sawah. Lele sering pula ditaruh di kolam-kolam atau tempat-tempat air tergenang lainnya untuk menanggulangi tumbuhnya jentik-jentik nyamuk. Di Indonesia terdapat 6 Jenis Ikan Lele yang bisa di budidayakan, antara lain: 

1. Clarias batrachus, dikenal dengan nama ikan lele di Jawa, ikan kalang di Sumatera Barat, ikan maut di Sumatera Utara, serta ikan pintet di Kalimantan Selatan

2. Clarias teysmani, dikenal dengan Barat, Kalang putih di Padang. nama lele Kembang di Jawa.

3. Clarias melanoderma, yang mana dikenal dengan nama ikan duri di Sumatera Selatan, wais di Jawa Sedang, wiru di Jawa Barat.

4. Clarias nieuhofi, yang mana dikenal dengan nama ikan lindi di Jawa, limbat di Sumatera Barat, kaleh di Kalimantan Selatan.

5. Clarias loiacanthus, yang mana dikenal dengan nama ikan keli di Sumatera Barat, ikan penang di Kalimantan Timur.

6. Clarias gariepinus, yang dikenal dengan nama lele Dumbo di Lele Domba, King cat fish, didatangkan dari Afrika.
Dari keseluruhan jenis ikan lele tersebut, Clarias batrachus (lele lokal) dan Clarias gariepinus (lele dumbo) adalah varietas ikan lele yang paling popular, sedang jenis yang lain kurang popular bahkan sudah langka dan jarang ditemukan.

0 Response to "JENIS - JENIS IKAN LELE"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel