KARAKTERISTIK LIMBAH IKAN

Perikananku ID - Hi sobat perikanan Indonesia, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Karakteristik Limbah Ikan. Tau nggak sih sob bahwa limbah hasil kegiatan perikanan yang berupa : 
1. Ikan rucah yang memiliki nilai ekonomis rendah sehingga membuat limbah ini belum banyak dimanfaatkan sebagai pangan 
2. Bagian daging ikan yang tidak dimanfaatkan yang berasal dari rumah makan, rumah tangga industri pengalengan ikan, ataupun industri fillet ikan. 
3. Ikan - ikan yang tidak terserap oleh pasar, terutama disaat musim produksi ikan sedang melimpah.
4. Ikan hasil kesalahan penanganan atau pengolahan perikanan yang membuatnya tidak diterima pasar.
Karakteristik Limbah Perikanan
Limbah - limbah ini sebenarnya masih bisa dimanfaatkan loh sob menjadi hasil samping produk perikanan. Limbah ikan yang sudah membusuk memang tidak dapat dimanfaatkan dengan cara apapun, meski demikian limbah ini harus ditangani dengan baik agar tidak menjadi penyebab terjadinya pencemaran lingkungan. Ada beberapa tahapan yang dapat dilakukan untuk menangani limbah yang demikian sehingga tidak mencemari lingkungan. 

Khitosan merupakan hasil produk dari proses deasetilasi khitin, yang memiliki sifat unik. Uniknya adalah dimana unit penyusun khitosan merupakan disakarida (l-4)-2-amino-2-deoksi-a-glukosa yang saling berikatan beta. Produk khitosan ini ditentukan oleh sifat fisik dan kimiawinya. Seperti halnya polisakarida lainnya, khitosan juga memiliki kerangka gula, tetapi dengan sifatnya yang unik karena zat polimer ini memiliki gugus amin yang bermuatan positif, sedangkan polisakarida jenis lain masih bersifat netral atau bermuatan negatif.

Berbagai bentuk globular dari khitosan didesain dalam larutan dengan konsentrasi NaOH yang berbeda. Pada aplikasinya khitosan digunakan untuk produk kosmetik, farmasi, biomedis dan bioteknologi.

Sedangkan untuk aplikasi khitosan pada produk pangan, globular putih khitosan yang dibentuk dengan pengendapan larutan NaOH dapat digunakan untuk pembuatan jenis makanan tertentu seperti jenis permen atau gula-gula.

Bentuk globular bermembran yang memiliki sifat pecah apabila ditekan, dapat dibuat dengan mengendapkan tetesan - tetesan dari larutan khitosan di dalam larutan alginat. 

0 Response to "KARAKTERISTIK LIMBAH IKAN "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel