Mirip Alien, Ikan Unik Ini Bisa Pancarkan Cahaya Biru dan Merah Dari Matanya

Perikananku ID - Biota Laut. Laut dalam memang masih menyembunyikan jutaan misteri, namun seiring berjalannya waktu satu persatu misteri terus terkuak melalui penelitian dan usaha yang dilakukan para ilmuwan. Seperti pesies ikan laut dalam ini misalnya, ikan yang diberi nama triplefin ini mampu memancarkan cahaya lewat matanya. Tidak sampai diaitu triplefin juga memiliki kemampuan untuk mengubah warna cahaya yang disesuaikan dengan kebutuhan berburu mereka.

Kebanyakan spesies laut dalam memiliki mekanisme bertahan hidup yang tidak biasa, terutama dalam hal bentuk tubuh. Hal ini merupakan bentuk adaptasi spesies laut dalam terhadap lingkungannya. Ikan-ikan laut dalam berevolusi dengan bentuk yang aneh. Bahkan ada beberapa spesies yang memiliki metode baru dalam menangkap mangsanya dalam kegelapan.

Dikutip dari nypost.com, sebuah penelitian terbaru mengungkap satu spesies ikan yang bernama triplefin dapat mengeluarkan cahaya dari matanya serta mengubah warna cahaya sesuai dengan kebutuhan dalam berburu.

Penelitian yang dipublikasikan di RoyalSociety Open Science ini menjelaskan mekanisme bagaimana cara triplefin memiliki ‘kilau okuler’ yang mampu menangkap cahaya kemudian memantulkanya ke luar, tujuannya untuk menguntit mangsa.

Ikan yang satu ini tampaknya memiliki kontrol penuh atas daerah pantulan irisnya. Selain itu juga dapat menyesuaikan warna pantulan cahaya yang dihasilkan yaitu antara biru dan merah secara cepat agar dapat melihat mangsanya secara lebih baik.

“Ikan triplefin (Tripterygion delaisi) bisa mengganti warna cahaya pada matanya menjadi warna merah atau biru. Prediksi kamu frekuensi pergantiannya ini bergantung pada rona latar belakang serta keberadaan mangsa,” sebut ilmuwan penelitian tersebut.

"Di eksperimen pertama, kami menemukan jika cahaya biru lebih sering menyala di latar belakang berwarna merah, sedangkan kilau merah akan menyala jika sebaliknya latar belakangnya berwarna biru terutama saat copepod (kelompok krustasea kecil) sedang muncul.

Selain ikan triplefin ini, masih ada banyak spesies laut dalam lainnya yang memanfaatkan cahaya secara menarik. Beberapa diantaranya ada yang dapat melakukan bioluminescence (menghasilkan cahaya sendiri) untuk memancing mangsa ataupun menunjukkan jalan ketika berburu.

Triplefin ini diklaim sebagai satu-satunya spesies ikan yang bisa mengubah warna pantulan cahaya sesukanya. Itulah alasan yang membuatnya menjadi makhluk spesial.

1 Response to "Mirip Alien, Ikan Unik Ini Bisa Pancarkan Cahaya Biru dan Merah Dari Matanya "

  1. Terimakasih infonya, jangan lupa kunjungi kami juga http://bit.ly/2o9Kvb9

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel