Ikan Bermuka Unik Bernama Stargazer ditemukan di Indonesia

Perikananku ID - Biota Laut. Stargazer, Ikan Bermuka Unik yang ditemukan di perairan Selat Lembeh, Sulawesi Utara. Selain matanya yang terpasang di atas, stargazer juga mempunyai mulut besar menghadap ke atas serta ukiran kepala yang besar.

Ini ikan apa? Setidaknya itulah kata-kata yang muncul di benak saya ketika melihat ikan tersebut untuk pertama kalinya dalam salah satu media cetak yang khusus membahas info bawah air. Mukanya terlihat cukup seram menyerupai muka manusia yang tercetak pada permukaan pasir, ini sangat aneh dan unik!.

Namun tau nggak sob kalau ternyata ikan yang satu ini sangat sulit ditemukan loh, kebiasaannya suka menyembunyikan diri di pasir dalam menunggu mangsa membuat ikan stargazer menjadi susah terlihat karena tersamar dengan pasir.

Ikan stargazer masuk dalam famili Uranoscopidae sejenis ikan perciform yang mempunyai mata pada atas kepala mereka. Famili ikan jenis ini mencakup 51-an spesies (sebagai info salah satu spesies-nya sudah punah), dimana kesemuanya merupakan biota laut. Ikan Stargazer ini bisa ditemukan di seluruh dunia pada perairan asin, baik yang dangkal maupun dalam.

Selain mata terpasang di atas, ikan stargazer juga memiliki mulut besar menghadap ke atas dengan ukuran yang kepala besar. Kebiasaan ikan ini adalah mengubur diri di dalam pasir serta melompat ke atas guna menyergap mangsa yang lewat di atas kepala-nya.

Beberapa spesies mempunyai pemancing mangsa berbentuk cacing yang tumbuh melalui lantai mulut mereka, mekanismenta mereka cukup hanya digoyangkan untuk menarik perhatian mangsa. Ikan-ikan kecil serta jenis invertebrata laut merupakan mangsa favorit dar si stargazer ini. Oh iya satu lagi, sirip punggung serta sirip dubur Stargazer relatif panjang.

Stargazers termasuk ikan berbisa loh sob jadi sobat perlu hati - hati. Bisa astargazer pada bagian dua duri yang terletak di belakang operater mereka serta di atas sirip dada. Spesies ikan ini dalam genera Astroscopus serta Uranoscopus yang dapat menyebabkan sengatan listrik juga. Jenis spesies Astroscopus hanya memiliki satu organ listrik terdiri atas otot mata yang sudah dimodifikasi, sedangkan pada spesies Uranoscopus berasal dari otot sonik.

Ikan Stargazers tenyata merupakan ikan yang memiliki cita rasa yang  lezat loh sob. Sobat juga tidak perlu jhawatir akan racunnya, karena racun pada Stargazer tidak dapat berfungsi ketika dimakan. Meski demikian di beberapa tempat, ikan tersebut dijual dengan organ beracun yang sudah dilepas terlebih dahulu.

0 Response to "Ikan Bermuka Unik Bernama Stargazer ditemukan di Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel