4 Alasan Kenapa Alat Tangkap Cantrang Tidak Ramah Lingkungan

Perikanaku ID - Awal tahun ini kita dihebohkan dengan demo nelayan cantrang terkait pelarangan alat tangkap cantrang di perairan Indonesia, tapi sebenarnya apa sih yang menyebabkan alat tangkap cantrang dilarang dioperasikan?. Mimin telah merangkumnya dalam artikel 4 Alasan Kenapa Alat Tangkap Cantrang Tidak Ramah Lingkungan.
4 Alasan Kenapa Alat Tangkap Cantrang Tidak Ramah Lingkungan
4 Alasan Kenapa Alat Tangkap Cantrang Tidak Ramah Lingkungan 
Alasan Pertama : Cantrang saat ini sudah dimodifikasi dengan ukuran jaring puluhan hingga ratusan kilo meter, menggunakan pemberat, dan pengoperasiannya ditarik mesin sehingga menimbulkan kerusakan bawah laut yang terjadi karena karang dan biota laut lainnya ikut tersapu saat proses towing.

Alasan Kedua : pada kapal ukuran lebih dari 30GT dilengkapi dengan cold storage dan mengoperasikan cantrang dengan panjang tali selambar 6.000 M. Dengan perhitungan sederhana jika keliling lingkaran 6.000 M maka diperoleh luas daerah sapuan tali selambar adalah 289 Ha, amas sangat mengerikan bukan? ini baru satu kapal, bayangkan jika 10? 100? atau bahkan 100 kapal?.

Alasan Ketiga : Kelompok-kelompok kecil karang hidup yang berada di dasar perairan tersapu. Hal ini mengakibatkan terjadi kerusakan lokasi pemijahan biota laut dan habitat laut.

Alasan Keempat : gonad ikan yang ada di dasar perairan yang belum matang juga terkena imbasnya hingga tidak dapat berkembang biak dan menghasilkan individu baru. Kondisi ini menyebabkan deplesi stok atau pengurangan stok sumber daya ikan, sehingga hasil tangkapan akan semakin berkurang. 

Jadi sudah tau kan sobat perikanan Indonesia alasan kenapa alat tangkap cantrang dilarang di operasikan setelah membaca artikel 4 Alasan Kenapa Alat Tangkap Cantrang Tidak Ramah Lingkungan ini?.

0 Response to "4 Alasan Kenapa Alat Tangkap Cantrang Tidak Ramah Lingkungan "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel