Daerah dan Musim Penangkapan Ikan

Perikananku Id. Hi sobat perikanan Indonesia, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Daerah dan Musim Penangkapan Ikan. Sudah tau kah sobat apa yang dimaksud dengan daerah penangkapan ikan dan musim penangkapan ikan?, kalau belum yuks mari disimak.

Pengertian daerah penangkapan ikan (fishing ground) adalah suatu daerah perairan yang dipergunakan sebagai tempat pelaksanaan kegiatan operasi penangkapan, atau daerah yang diduga disitu terdapat gerombolan ikan.
Daerah dan Musim Penangkapan Ikan
Daerah Penangkapan Ikan (Fisihing Ground)
Penentua letak fisihing ground terbilang sulit karena harus meramalkan arah dan letak dari perpindahan gerombolan ikan apalagi jika dituntut secara pasti, karena adanya keterbatasan penglihatan mata manusia terhadap kedalaman perairan.

Mencari daerah penangkapan (fishing ground) sendiri merupakan langkah awal dalam pengoperasian alat tangkap ikan pada suatu perairan. Adapun untuk menentukan suatu lokasi dikatakan sebagai daerah penangkapan ikan yang baik, maka harus memenuhi persyaratan di bawah ini:
  1. Di daerah itu terdapat ikan yang melimpah sepanjang tahun - nya atau tidak musiman.
  2. Alat tangkap ikan yang digunakan dapat dioperasikan dengan mudah dan sempurna pada area.
  3. Lokasi tersebut tidak jauh dari pelabuhan sehingga mudah dijangkau oleh perahu (hal ini tidak menjadi patokan karena saat ini ukuran kapal perikanan sudah banyak yang berukuran besar sehingga bisa beroperasi dilaut selama berhari - hari bahkan berbulan - bulan.
  4. Keadaan daerah tersebut aman, tidak biasa dilalui oleh angin kencang serta bukan daerah badai yang membahayakan.

Keakuratan penentuan letak fishing ground sangat berdampak bagi keberhasilan operasi penangkapan. Dalam penentuan fishing ground biasanya selain menggunakan insting sebagai seorang nelayan juga dapat menggunakan bantuan dari fish finder untuk mendetekss keberadaan ikan serta untuk alat tangkap purse seine biasanya menggunakan alat bantu penangkapan ikan berupa rumpon.

Jadi sudah tahu dong sob apa yang dimaksud dengan Daerah dan Musim Penangkapan Ikan?. Seperti biasa jangan lupa tinggalkan jejak di kolom komentar dan selamat membaca artikel perikanan kami lainnya :)

0 Response to "Daerah dan Musim Penangkapan Ikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel