Komponen Alat Tangkap Tuna Longline

Perikananku ID - Hallo sobat perikanan Indonesia, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang "Komponen Alat Tangkap Tuna Longline".  Seperti yang kita tahu bahwa alat tangkap tuna longline atau rawai tuna long line memiliki bagian - bagian / komponen alat tangkap tuna longline serta alat bantu penangkapan ikan. Berikut ini komponen - komponennya:
Komponen Alat Tangkap Tuna Longline
Gambar Komponen Alat Tangkap Tuna Longline
a. Pelampung
Agar Pancing, Tali Pancing, dan Hasil tangkapan tidak tenggelam.

b. Tali pelampung (float line/ buoy line)
Menghubung pelampung (bola pelampung, pelampung bendera, pelampung radio buoy, pelampung lampu) dengan tali utama (main line). 

c. Tali utama (main line)
Tali yang panjang (rangkaian tali utama) tergantung pada tali pelampung, dan tempat tergantungnya tali cabang (branch line). Tali pelampung maupun tali cabang terkait pada simpul sambungan tali utama.

d. Tali cabang (branch line)
Ukuran tali cabang lebih kecil diameter/ panjangnya dari pada tali utama. Terdiri dari tali branch, wire leader, mata pancing, pada tali cabang untuk mengantisipasi kusut/ melintir dipasang kili-kili (swifel). 

e. Mata Pancing
Terdapat 3 jenis mata pancing yang umum digunakan pada alat tangkap tuna longline: pancing J, pancing tuna, dan pancing lingkar. Jumlah pancing yang digunakan bervariasi, tergantung target tangkapan yang diinginkan serta metode setting yang digunakan, umumnya berkisar antara 100-2000 pancing. 

Itu dia Komponen Alat Tangkap Tuna Longline, selain komponen - komponen tersebut ada juga alat bantu alat tangkap longline.

0 Response to "Komponen Alat Tangkap Tuna Longline"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel